Pengalaman Testing dan Tahun Pertama di SMAKBo


Assalamualaikum.

Apa kabar kawan - kawan Asymmetrical Life dimana pun berada?

Kali ini ane akan berbagi pengalaman testing masuk SMAKBo, juga ada sedikit cerita mengenai MOS SMAKBo Angkatan 59.

Tulisan ini ane buat karena beberapa minggu yang lalu, SMAKBo mengadakan testing untuk penerimaan siswa baru untuk anak SMP. Kalau lolos, maka anak SMP itu jadi murid SMAKBo angkatan 62 lho!

Catatan : saat menulis ini, ane sudah kelas 12 dan Insya Allah mau naik ke kelas 13. Ane adalah anggota resmi dari Angkatan 59 "Dysprosina Alvyron".

Langsung saja gan,ini dia ceritanya. Cekidot!

About SMAKBo (sekarang SMK - SMAK Bogor)


SMAKBo merupakan SMK di bawah naungan Kementerian Perindustrian dengan kompetensi keahlian Kimia Analisis dan memiliki waktu belajar selama 4 tahun sob. Jadi ketika kamu divonis masuk ke sini, maka kamu harus siap dengan kenyataan bahwa ketika teman SD dan SMP kamu lulus SMA nanti, maka kamu masih harus "nambah" setahun lagi di SMAKBo.

Tapi, dengan begitu, maka kamu akan memiliki lebih banyak waktu untuk bersama doi. bukan?

Saat ini, ada tiga SMK analis kimia yang diasuh di bawah naungan Kemenperin, antara lain SMAK Bogor, SMAK Padang, dan SMAK Makassar.

Di sekolah ini, setiap minggunya kamu akan mengalami yang namanya praktikum di laboratorium guys. Bermain dengan alat gelas, bahan kimia, api, lapsus (laporan khusus), dan pengawas lab yang sangat baik hati lho! Ini nih salah satu perbedaan SMAKBo dengan sekolah lain.

Oh iya, kamu juga bakalan dapet seragam yang namanya "Jas Lab" lho! Keren kan?

Catatan : Lapsus adalah singkatan dari laporan khusus, sebuah tugas yang sejenis dengan "laprak" kalo di kuliahan. Biasanya ditulis di kertas folio bergaris dengan margin kiri 4 cm dan margin kanan 1 cm, memuat dasar, reaksi, alat dan bahan, cara kerja, perhitungan, pembahasan, dan kesimpulan dari penetapan praktikum yang telah dilakukan di laboratorium.

Anak kelas 10 hanya menulis satu jenis lapsus saja, yaitu lapsus gravimetri. Tapi kalo udah kelas 12, jangan harap kamu bisa nyantai dan nganggap remeh yang satu ini.

Karena apa?

Karena satu kali praktikum, lapsusnya bisa 4 - 5 lembar lho! *PKT nih

Pengalaman Testing


Beberapa tahun silam, tepatnya saat ane duduk di kelas 9 SMP Negeri 1 Dramaga Bogor, ane bingung mau masuk sekolah mana setelah lulus. Maklum guys, banyak sekolah yang sudah tercemar dengan hal negatif seperti tawuran. Ane paling males sama hal yang begituan dah, sayang sama nyawa sendiri soalnya.

Tawuran dan hal negatif lainnya memang menjadi salah satu bahan pertimbangan ane untuk memilih sekolah. Namun hal yang lebih penting adalah "kualitas pendidikan". Selain itu, ane juga berniat untuk cari sekolah kejuruan gan, biar langsung bisa kerja gitu.

Akhirnya mamah ane disarankan sama tetangga lama di Bekasi, katanya "masuk SMAKBo aja, selain pendidikannya bagus dan gak kenal tawuran, lulusannya juga cepat kerja."

Dari situ ane disaranin masuk SMAKBo sama orang tua.

Ane sih setuju aja, soalnya reputasi sekolah ini udah top banget di Bogor dan sekitarnya gan.

Setelah ane dan orang tua sepakat, akhirnya baru cari - cari info tentang pendaftaran dan penerimaan siswa SMAKBo. Kalau dilihat dari jadwal, penerimaan siswa SMAKBo emang selalu lebih dahulu dibandingkan sekolah lain. Ane inget waktu itu bahkan ane belum wisuda lulusan SMP tapi udah diterima di SMAKBo. Jadi buat kamu yang mau daftar ke sini, sebaiknya rajin - rajin cari informasi karena bisa berabe kalo kamu telat.

Sejujurnya, ane ga belajar apa - apa pas mau testing SMAKBo, soalnya pelajaran UN masih nempel di kepala. Maklum gan, masih anget karena baru beberapa minggu setelah UN.

Oh iya, saking tingginya minat masyarakat terhadap SMAKBo, bahkan ada bimbel khusus yang membuka kelas untuk test masuk SMAKBo lho, nama bimbelnya eLog. Tapi ane memutuskan untuk tidak ikutan les itu soalnya ga punya uang wkwk

Pagi hari sebelum test SMAKBo, ane berangkat dari Dramaga pas subuh - subuh. Mana masih ngantuk lagi, ah sudahlah yang penting sudah siap. Waktu test ane dianter mamah naik angkot, kan namanya juga Bogor kota seribu angkot. Ternyata lokasi SMAKBo cukup jauh juga dari rumah ane, lokasinya di deket Universitas Pakuan dan Terminal Baranangsiang Bogor.

Ane udah nyampe di depan toko Ada dan Giant pas jam 6 sedangkan testnya jam 7 (entah jam 7 atau 8. ane lupa). Akhirnya kita duduk dulu di belakang Giant deket SMA 3 Bogor sambil makan martabak mini. Sumpah, itu martabak penuh kenangan banget, sampe sekarang udah 3 tahun berlalu masih ada aja tuh tukang martabak mini.

Setelah itu, langsung aja cabut ke lokasi tepatnya di kampus SMK - SMAK Bogor. Pas nyampe sana, buset! Gile, rame amat! Usut punya usut, ternyata peserta testing kali ini mencapai 960 orang siswa SMP dari seluruh wilayah di Indonesia lho! Rame banget guys!

Apa ini cuman perasaan ane doangan atau bukan, pas ane dateng serasa orang2 pada ngeliatin ane gitu soalnya saat itu kepala ane pas lagi botak gan. Wkwkwk, jadi malu!

Pas lagi nyari ruangan kelas tempat ane testing, kebetulan ane liat ada anak yang latihan conversation bahasa Inggris sama mamahnya. Dalam fikiran ane terbesit : buat apaan yak belajar gituan, kan testing SMAKBo ga ada conversation, ah sudahlah ~

Selain itu, tiba - tiba ada anak gadis SMP yang nanya masalah ruangan ke mamah ane. Rupanya dia sendirian dan ga dianterin orang tuanya karena sibuk. Ane lupa mukanya, tapi seinget ane dia cantik :v

Setelah bel berbunyi, akhirnya ane dan semua peserta testing masuk ke ruangannya masing2. Kebetulan ane ada di ruangan nomor satu, maklum lah pas daftarnya ane emang tergolong 10 orang pertama yang daftar.

Ane inget banget, saat itu ane diawas sama guru yang umurnya sekitar 30 tahunan. Beliau bilang, "SMAKBo punya scanner sendiri, jadi hati - hati ya menghitamkannya!"

Mata pelajaran yang diujikan untuk tes SMAKBo itu meliputi bahasa Indonesia, bahasa Inggris, Matematika, Fisika, Biologi, dan ada beberapa soal Kimia.

Langsung aja soal dibagikan gan, saat itu ada 2 tipe soal, yaitu soal bercover merah sama bercover biru. Kebetulan ane dapet yang covernya merah. Langsung aja, soal itu tersusun atas 85 soal pilihan ganda yang terdiri dari 15 soal bahasa Indonesia, 15 soal Matematika, 30 soal bahasa Inggris, 15 soal Biologi, dan 15 soal Fisika. Waktu mengerjakannya sangat singkat guys, cuman 150 menit atau setara dengan 2 jam 30 menit.

Langsung aja tuh ane sikat semua soal yang bisa ane kerjain, walaupun banyak juga soal yang ane tembak atau ane kosongin. Gile aja gan, mengerjakan sempurna 85 soal dengan kategori susah selama 2 jam 30 menit itu hampir mustahil. Mangkanya banyak yang ane tembak dan ane kosongin.

Saat test berlangsung, banyak peserta testing yang melakukan kecurangan seperti berkomunikasi dengan teman di sebelahnya dan meminta jawaban ke kanan dan kiri. Tapi setelah saya diterima di SMAKBo, saya tidak pernah bertemu mereka.

Setelah testing selesai, rasanya lega banget. Sejujurnya, pusing juga ya ngerjain soal sebanyak itu. Kepala langsung berat rasanya. Efek samping ini mah.

Setelah test tertulis selesai, peserta masih diberi waktu beberapa hari untuk melengkapi berkas pendaftaran seperti nilai raport SMP, SKHUN (waktu itu ane pake SKHUN sementara keluaran Dinas Pendidikan Kab. Bogor), dan administrasi lain. Bahkan kalo kamu punya piagam juara lomba pas SMP, itu bisa dilampirkan sebagai pendukung lho! Itu juga bisa jadi bahan pertimbangan dan mungkin bisa sedikit membantu.

Pengumuman hasil testing biasanya satu minggu setelah pelaksanaan testingnya, dapat dilihat di website www.smakbo.sch.id atau ada juga di mading pengumuman di SMAKBo. Waktu itu nomor testing ane 104, ane cari - cari dan akhirnya . . . . BINGO! Ada di daftar peserta yang lolos! Alhamdulillah. . . Kurang lebih ada 960 orang peserta testing SMAKBo, yang keterima cuma sekitar 260 orang! Oh yes! Awalnya aja ekstrem banget. -_-

Setelah pengumuman hasil testing, peserta yang lolos lalu dikasih waktu beberapa hari untuk verifikasi buta warna dan pengukuran seragam sekaligus pembayaran uang masuknya. Jadi kamu akan dites lagi buta warnanya.

Kenapa test buta warna begitu penting di SMAKBo?
Dalam analisis kimia, warna dan perubahan warna sangat dibutuhkan khususnya dalam titrasi dan pengamatan titik akhir guys. Inilah mengapa siswa SMAKBo tidak boleh buta warna.

Setelah semua persyaratan telah selesai, barulah mempersiapkan untuk MOS. Ini nih yang paling asik dan ditunggu - tunggu karena bakalan banyak kejutan menarik di dalamnya.

Oh iya, MOS SMAKBo itu jadwalnya lebih dulu dari sekolah lain. Ane inget waktu itu, pas ane udah mulai MOS SMAKBo, sekolah lain baru buka pendafaran siswa baru.

Penasaran dengan MOS SMAKBo? Alamin sendiri aja deh ~

Baca juga : Chord Hymne Analis

Catatan :
  • Orang yang latihan conversation saat testing, ane ga pernah liat dia di SMAKBo
  • Guru yang ngawas ane pas testing ternyata adalah pak Farid lho!

Oke guys, mungkin hanya ini saja pengalaman ane saat testing masuk SMAKBo. Buat kamu yang ingin masuk SMAKBo, ini ada syarat dan tips untuk masuk SMAKBo. Selamat belajar!

First Year



Tahun pertama akhirnya dimulai tepat setelah MOS berakhir. Tapi yang gua kaget adalah ketika mulai belajar sebagai siswa resmi kelas X, tiba - tiba ada remed MOS coba (mungkin hanya di SMAKBo sekolah yang menyediakan remedial untuk MOS nya wkwk)

Oke, ane masuk di kelas X - 8 alias Desolator (Delapan Solid Anti Kotor) dengan wali kelas ibu Athi Rosalina.

Tunggu.....!!! Apa maksudnya embel - embel "Anti Kotor" itu? Bukannya berani kotor itu baik? Siapa sih yang ngusulin nama itu?

Siapa lagi kalau bukan BangSat alias Bang Satrio sang komika, ah sudahlah ~

Akhirnya, ane sudah mulai berlayar mengarungi luasnya samudera kehidupan disini mulai dari seneng, sedih, pilu, menderita, rusuh-rusuhan bareng, nge-cut jaringan wi-Fi orang biar bisa download sepuasnya, sampe remed bareng-bareng.

Remed? Masa' sih?

Yapp, kehidupan SMAKBo memang terlalu "asyik" untuk diceritakan, saking asyiknya habis remed terbitlah remis kan? Kecuali di lab anjen ya, hal ini tidak berlaku karena motto terdepannya adalah :
"Menjadi Manusia yang Lebih Baik"
"Tiada Remed di Antara Kita"

Remed ane yang pertama itu sangat tak terlupakan, remedial bahasa Indonesia hanya karena gua mengerjakan essay pake pensil. Oh my god! Padahal kalau seandainya ane pakai pulpen hitam bukan jel, nilai ane pasti udah di atas KKM. Remed ane yang kedua nggak kalah konyol dengan yang pertama. Ini remedial Gravimetri, "Penetapan Kadar Posfat dalam Natrium Hidro Posfat" dikarenakan sesuatu yang sangat sepele namun sangat penting bahkan fatal kalau dilupakan (baca : tutup kaca nggak dibilas). Luar biasa men, untungnya ane nggak kebagian jatah remed Kimia Dasar atau Fisika bahkan Mate juga Biologi tak lupa tak absen Kimia Analisis apalagi BK (sejak kapan BK ada remed -_-)

Kelas 10 di SMAKBo cukup ekstrem, karena masa-masa adaptasi juga masa-masa drop out bagi siapapun yang tidak dapat mengikuti kehidupan disini. Oleh karena itu, ane harus sungguh-sungguh baik itu di kelas 10 atau tingkatan yang lebih tinggi lagi. Semoga angakatan ane nggak ada yang daftar untuk DO (amit-amit dah).

Oh iya, di akhir tahun pasti selalu ada PORSIP alias Class Meeting kalau di sekolah lain. Bedanya, kalau Class Meeting itu pertandingan antar kelas, tapi kalau PORSIP itu pertandingan antar angkatan. Angkatan? Ya! Jadi angkatan memang pemersatu kelas-kelas. SUMPAH, kekeluargaanya itu terasa banget disini. Seru abis pokoknya! Lombanya itu banyak banget, mulai cabang olahraga (futsal, voli, badminton, basket, sampai PES 2013 d.l.l.), cabang pendidikan (LCTI, LCTE, Bananagram, sampai Rubik pun tak mau absen, d.l.l.), dan cabang kesenian (akustik, band, perkusi, d.l.l.) dan masih banyak lagi.

Porsip pertama gua adalah ikutan band dan akustik, dan semuanya ancur parah wkwk.

Akustikan, ane tampil pertama dan ketika senar 1 ane bending terdengar bunyi cetasssss alias senarnya PUTUSSS. Ah tidaaaaak, mental down alias olab mas brooooo. Walhasil, permainan ane jelek dan ane dapat juara tiga dari tiga peserta -_-. Untuk band lebih parah lagi, ane nggak dapat juara karena angkatan 56 ngirim perwakilannya. Rusuh banget, pake acara mossing alias dorong-dorongan dan tendang-tendangan, plus banjur aer seember (beneran lho).

Last word, enjoy your life in SMAKBo. Pantang menyerah, walau dihajar remed terus-terusan.
Salam warga analis, yang lama yang baru semuanya sama!

Catatan :
Setelah dua tahun berlalu, akhirnya Desolator kembali mengadakan "reunian" dengan event foto bareng di studio lho! Ini dia pictnya!





Wassalamualaikum,


Yusuf
Dysprosina Alvyron 59

Masuk SMAKBo? Luar biasa gan!

Suka dengan artikel di blog ini? Silakan berlangganan gratis via email

31 Responses to "Pengalaman Testing dan Tahun Pertama di SMAKBo"

  1. Kak mau nanya tentang test smakbo dong dan juga persyratanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk syarat dan testnya silahkan klik www.smakbo.sch.id ya

      Delete
  2. Bisa dilihat di smakbo.sch.id

    ReplyDelete
  3. kak kalau masuk SMAKBO SPP nya berapa ya ka?
    Insya Allah aku mau masukSMA itu kak :D

    ReplyDelete
  4. kak kalau masuk SMAKBO SPP nya berapa ya ka?
    Insya Allah aku mau masuk SMK itu kak :D
    terus waktu kaka masuk SMK itu, testingnya berapa soal? esay atau PG?

    Thank before kak:D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau saya sekarang sih kurang lebih 100 ribu per bulan, kalo testingnya sih waktu saya 2 tahun yang lalu 80 an soal, semuanya PG. Sama - sama, makasih kunjungannya ya ^_^

      Delete
  5. Spp tiap bulan +- 90 ribu jadi 1 semester 600.000 . Kalau soal testnya sy juga lupa ada berapa soalnya kalau gak salah diatas 50 soal , waktu sy ikut test soalnya ada PG dan essay (y) .

    ReplyDelete
  6. wah keren tadinya mau bikin blog kaya gini juga tapi belom terwujud bikinnya -_-', oh ya nice blog btw

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah makasih kunjungannya sis, keep posting :)

      Delete
  7. sama-sama berjuang seangkatan sampe lulus ya bro , kata-katanya bagus bikin terharu

    ReplyDelete
  8. jd kangen smakbo,salam kenal... saya 43rd

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih kunjungannya, salam kenal juga kakak. Saya dari angk. 59 :)

      Delete
  9. Nice blog ucup... Apreciate
    #ex59:S.T.A.W

    ReplyDelete
  10. wah jadi rindu smakbo hehehe

    salam dari toupan 57

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama kang, saya lagi PKL bulan ke - 4 dan mulai kangen sama rutinitas SMAKBo walaupun sangat melelahkan wkwkwk

      Salam juga kang Toupan dari saya, Yusuf 59

      Delete
  11. Bismillah SMAKBo :)
    kirakira angkatan tahun pelajaran baru yg ini angkatan ke berapa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin :)

      Tahun pelajaran 2017/2018, SMAKBo masuk angkatan 63

      Delete
  12. Halo ka :) lulusan 1 dramaga? Saat tes soal ipa dominan ke kimia nya atau apa ya? Soal full PG atau ada essay nya?soal nya tidak jauh dari materi UN kah? Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo juga :)

      Iya, saya lulusan Sadar 122 angkatan 33 lulus tahun 2013. Adik dari sana juga kah?

      Saat testing, jumlah soal dibagi rata antara matematika, IPA, Bahasa Indonesia, dan sedikit Kimia. Soal full PG, kalau nggak salah sekitar 85 - 90 soal. Tingkat kesulitan soal lebih advance dibandingkan UN, mangkanya belajar lebih giat ya. Hasil tidak pernah mengecewakan usaha. Semangat, ditunggu di SMAKBo :)

      Delete
  13. Untuk informasi pendaftaran siswa baru SMAKBo Tahun 2017 dan tips trik masuk SMAKBo bisa dilihat di sini

    ReplyDelete
  14. Pelajaran di SMAKBO susah ga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya yakin jika kita bersungguh - sungguh akan dimudahkan untuk belajar. Insya Allah. Keep spirit! :)

      Delete
  15. Kalau yang lokasinya jauh dari sana gimana ya ntar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setahu saya testing hanya dilakukan di SMK - SMAK Bogor saja, jadi mau tidak mau harus datang ke tempatnya. Terima kasih :)

      Delete
  16. Di SMAKBO itu belajar apa aja ka?

    ReplyDelete
    Replies
    1. SMAKBo adalah kependekan dari Sekolah Menengah Analis Kimia Bogor.

      Artinya, pelajaran yang diajarkan seputaran kimia analisis dan praktikum, kimia dasar, kimia organik, dan berbagai macam pelajaran lainnya yang diperlukan untuk mencetak analis kompeten.

      Namun SMAKBo juga mengajarkan pelajaran umum seperti matematika, fisika,biologi dan lain-lain.

      Semoga membantu :)

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung di website ini.

Jika berkenan, mohon berkomentar yang RELEVAN dengan bahasa yang santun.

Semua komentar selalu saya baca meskipun tidak semuanya dibalas. Harap maklum :)

Contact Form

Name

Email *

Message *