Belajar Kunci Gitar Dalam Waktu SEMINGGU!!!


Assalamulaikum Gan! Ketemu lagi sama ane di postingan yang satu ini, bagi agan-agan yang mau belajar akord dasar gitar merapat ke sini. Oke, sebelum mulai ke materi, ada hal yang mau ane sampein dulu sebagai pembukaan.  

Pertama, bahwa ane disini hanya bermaksud berbagi saja bukan bermaksud mengajarkan atau menggurui, karena pada dasarnya ane pun masih tahap belajar.  

Kedua, dalam belajar itu gak ada yang instan, ente perlu latihan dan punya progress yang baik untuk meraih peningkatan, jadi jangan menyerah.  

Ketiga, dalam belajar kunci gitar dasar ini ente pasti mengalami beberapa kesulitan, seperti kesulitan dalam membiasakan dan meregangkan jari-jari, terus bagi pemula pasti akan merasakan sakit di ujung jari-jari, karena kulit ari tangan belum beradaptasi dengan senar gitar.

Oke, sekarang kita akan masuk ke materi. Akord, apa sih itu?
"Akord adalah susunan dari beberapa nada gan, biasanya sih tiga nada atau lebih." Terus kalau nada itu apa yaaa? Nada itu adalah bunyi yang teratur. Jadi, secara kasar dapat kita simpulkan bahwa akord itu adalah kumpulan atau gabungan dari nada-nada atau bunyi yang teratur. Nah, udah tau kan?
Beranjak dari akord, kita akan mulai dari interval nada. Interval nada itu maksudnya jarak antara satu nada dengan nada yang lain sob. Nada dasar pada gitar itu ada 7, yaitu C (do) , D (re) , E (mi), F (fa) , G (sol) , A (la) , B (si), dan C (do).

Gambar diatas ini merupakan interval nada bro, cara bacanya gampang kok. Ente lihat tanda yang menghubungkan huruf C dan D kan? Terus di bawahnya ada angka 1? Itu artinya, interval antara nada C dan D itu 1. Untuk nada E dengan F dan B dengan C, interval nadanya cuma 1 / 2 gan. Untuk apa sih kita belajar teori ini? Suatu saat kau kan mengerti nak ^_^
Selanjutnya, kita masuk sesi akord. Ambil gitarnya masing-masing ya, untuk mempermudah. Sekarang amati senarnya dari bawah ke atas, pasti kamu akan menemukan bahwa senar paling bawah adalah senar paling tipis dan senar paling atas merupakan senar paling tebal, iya kan? Senar paling tipi situ menghasilkan nada yang paling tinggi, dan senar yang paling tebal itu menghasilkan nada yang paling rendah. Perlu kalian camkan bahwa menghitung senar itu dimulai dari yang paling bawah, senar paling bawah disebut senar 1 dan senar paling atas disebut senar 6. Jadi, kalau ane bilang pegang senar empat, berarti ente harus mencari senar yang urutannya keempat dari bawah atau urutan ketiga dari atas.  Pada gitar yang memiliki 6 senar, 3 senar dari bawah disebut “string” dan 3 senar dihitung dari atas disebut “bass”. Jadi, kita punya tiga senar bass dan tiga senar string. Tapi pada beberapa gitar, dijumpai juga 4 senar bass dan 2 senar string lho! Dilihat dari bahannya, senar gitar itu terdiri dari 2 jenis gan, pertama senar string dan kedua nylon. String itu dibuat dari sejenis kawat baja gitu, jadi pastinya untuk pemula pasti terasa lebih sakit daripada senar nylon. Tapi kalau bicara soal kualitas suara sih bagusan senar string sob karena suara yang dihasilkan lebih tajam dan lebih jernih ketimbang nylon.
Di bawah ini gambar urutan senar, yang paling tipis digambarkan di paling atas begitu pula sebaliknya. Jadi apa yang ada di gambar itu kebalikannya yang ada di gitar. Senar bass dilambangkan dengan garis yang lebih tebal, dan string kebalikannya. Ini berfungsi untuk menyetem gitar, biar gak sumbang suaranya.


Sekedar informasi gan, gitar itu sebenernya ada yang punya 6 senar, 7 senar, dan 12 senar. Tapi ane sendiri gak tahu cara mainin gitar senar 7 dan 12, walaupun om ane punya yang 12 senar gan (padahal gak ada senarnya :P). 




Langsung aja ya ini gambar dari akord-akord dasar, cekidot!





Sekian posting kali ini, semoga bermanfaat ye! Keep spirit! ^_^

cara belajar gitar, belajar gitar akustik, belajar kunci gitar, belajar chord gitar, belajar main gitar, belajar gitar untuk pemula, cara mudah belajar gitar

Suka dengan artikel di blog ini? Silakan berlangganan gratis via email

0 Response to "Belajar Kunci Gitar Dalam Waktu SEMINGGU!!!"

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung di website ini.

Jika berkenan, mohon berkomentar yang RELEVAN dengan bahasa yang santun.

Semua komentar selalu saya baca meskipun tidak semuanya dibalas. Harap maklum :)

Contact Form

Name

Email *

Message *