UAS SMAKBo Semester 3



Assalamualaikum!
Ketemu lagi gan sama ane yang satu ini, yang masih mencoba “bersauh” di samudera kehidupan di sekolah tercinta, apalagi kalau bukan SMAKBo. Kali ini ane lagi detik-detik menuju ujian akhir semester tiga alias kelas 11 semester 1. Sekedar info, UAS di SMAKBo itu unik gan, di SMA lain UAS
paling lama juga 2 minggu, itu pun kayaknya jarang deh rata-rata semingguan. But in SMAKBo, sabar aje ye UAS itu SATU BULAN gan! Satu bulan? UAS MACAM APA INI? *teriak-teriak gak jelas ala Patricknya Spongebob.
                Let me tell you gan, SMAKBo merupakan sekolah kejuruan analis kimia, so pasti di samping pelajaran teori kayak Agama, PKn, Matematika, Fisika, dkk, ada juga pelajaran berupa prakteknya kayak Analisis Gravimetri, Volumetri, Mikrobiologi, Analisis Instrumen, Organoleptik, PKT dan blablabla itu lho! Jadi satu bulan UAS itu terbagi atas empat minggu sakral (ya iyalah -_-), sebagai berikut:
  1. Minggu pertama, biasanya sih ujian praktek dulu. Di minggu-minggu ini ane ngerasain deg-degan luar biasa karena menurut ane praktek itu lebih berat ketimbang teori (walaupun dua-duanya sama-sama susah). Kelas 10 sih cuma ada tiga hari yang kepake, yaitu untuk Gravimetri, KKPI (Simulasi Digital), sama OR (Olah Raga). Pas naek kelas 11 mulai tambah deh bebannya, ada Volumetri, Lab. Bahasa, KKPI, Analisis Instrumen – 1 (AFNI), Mikrobiologi, dan Olah Raga. Khusus untuk Mikrobiologi ngambil dua hari gan, hari pertama buat ujiannya terus hari kedua untuk pengamatannya. Jadi total 7 hari gan, dari semula 3 hari meningkat drastis!
  2. Minggu kedua, untuk ujian teori. Ujian teori ini mencakup semua pelajaran teori yang diajarkan, kayak Matematika, PKn, Agama, Fisika, Kimia Organik, Kimia Analisis, Kimia Dasar, dll. Minggu ini merupakan minggu “modus” untuk siswa kelas 10 dan 11, karena si junior kelas 10 akan duduk berdampingan dengan sang senior kelas 11 (siapa tahu adek kelas pada cakep :p). Tapi modus ini cuma berlaku kalau keduanya beda jenis, jangan jadi jones apalagi maho ye :v
  3. Minggu ketiga, minggu ini s**t banget dah pokoknya! Disaat lu lupa untuk membakar erlenmeyer, menyeka buret, membilas dan menyeka pipet, atau melakukan banyak kesalahan bahkan itu sepele di minggu pertama (baca : UAS praktek), maka bersiap-siaplah! Untuk apa? Untuk menerima kenyataan bahwa nama lu terpampang di daftar remed, asal jangan remis aja deh.
  4. Minggu keempat, nah ini minggu dimana titik jenuh selama satu semester telah jauh terlampaui. *lho? Yoi, pasalnya semua kerja keras terasa sia-sia kalau ujung-ujungnya nama kita ikut daftar remed. Tapi seperti kata alumni, lu bakal rugi kalau gak ikut remed soalnya nilai lu pasti di bawah KKM dan yang terpenting, remed itu merupakan ajang untuk “buang-buang pereaksi, alat tulis dan kertas”. So, nikmatin aja. Tapi, sayang juga kalau ente remed di minggu ini gan, soalnya di akhir semester SMAKBo pasti ngadain yang namanya PORSIP, sejenis lomba-lomba gitu tapi antar angkatan, bukan antar kelas. PORSIP SMAKBo itu hal yang sayang banget dilewatin, karena ente pasti ngerasain yang namanya kekeluargaan dengan temen seangkatan disini. Lombanya juga banyak banget, hampir 30 lomba, mungkin lebih, ada disini. Jadi, berdoalah agar gak kena remed ya!
Itulah rangkaian kegiatan UAS di SMAKBo, yang pastinya jauh berbeda sama SMA lain. Tapi, di setiap pengorbanan yang dilakukan, di setiap air mata dan keringat yang berderai, di setiap langkah yang tertapaki, di ujung sana pasti ada sebuah hasil. Jadi, jangan pernah berhenti memberikan yang terbaik! Seperti kata para alumni, “Sekolah di SMAKBo itu bagai berjalan di atas duri, namun lulusan SMAKBo bagai berjalan di atas awan.” Benarkah itu? Kita tunggu saja  dua tahun lagi ^_^

Suka dengan artikel di blog ini? Silakan berlangganan gratis via email

2 Responses to "UAS SMAKBo Semester 3"

Terima kasih sudah berkunjung di website ini.

Jika berkenan, mohon berkomentar yang RELEVAN dengan bahasa yang santun.

Semua komentar selalu saya baca meskipun tidak semuanya dibalas. Harap maklum :)

Contact Form

Name

Email *

Message *