Contoh Teks Eksplanasi Beserta Strukturnya


Assalamualaikum!

Berawal dari tugas bahasa Indonesia yang dikasih sama guru, akhirnya ane memutuskan untuk ngeshare apa yang udah ane dapatkan. Teks eksplanasi gerhana matahari ini ane copas dan ane sunting lagi berdasarkan buku pegangan gan. Oh iya, pada tahu gak apa itu teks eksplanasi? Jadi, teks eksplanasi adalah teks
yang bertujuan untuk menjelaskan proses terjadinya suatu fenomena baik itu fenomena  alam maupun sosial. Oke, langsung aja ya ini dia teks eksplanasi suntingan ane gan!

Nama  : Yusuf Noer Arifin
Kelas   : XI – 1
Tugas Mencari Teks Eksplanasi           

Gerhana Matahari

Gerhana matahari terjadi ketika posisi bulan terletak di antara bumi dan matahari sehingga menutup sebagian atau seluruh cahaya matahari. Walaupun bulan lebih kecil, bayangan bulan mampu melindungi cahaya matahari sepenuhnya karena bulan yang berjarak rata-rata 384.400 kilometer dari bumi lebih dekat dibandingkan matahari yang mempunyai jarak rata-rata 149.680.000 kilometer. Gerhana matahari dapat dibagi menjadi empat jenis, yaitu gerhana matahari total, gerhana matahari sebagian, gerhana matahari cincin, dan gerhana matahari hibrida.

Gerhana Matahari Total                                           
Apabila saat puncak gerhana, piringan matahari ditutup sepenuhnya oleh piringan bulan, maka terjadilah gerhana matahari total. Saat itu, piringan bulan sama besar atau lebih besar dari piringan matahari. Ukuran piringan matahari dan piringan bulan sendiri berubah-ubah tergantung pada masing – masing jarak bumi-bulan dan bumi-matahari

Gerhana Matahari Sebagian                                                
Gerhana matahari sebagian terjadi apabila piringan bulan (saat puncak gerhana) hanya menutup sebagian dari piringan matahari. Pada gerhana ini, selalu ada bagian dari piringan matahari yang tidak tertutup oleh piringan bulan.

Gerhana Matahari Cincin
Gerhana matahari cincin terjadi apabila piringan bulan (saat puncak gerhana) hanya menutup sebagian dari piringan matahari. Gerhana jenis ini terjadi apabila ukuran piringan bulan lebih kecil dari piringan matahari. Akibatnya, ketika piringan bulan berada di depan piringan matahari, tidak seluruh piringan matahari akan tertutup oleh piringan bulan. Bagian piringan matahari yang tidak tertutup oleh piringan bulan, berada di sekeliling piringan bulan dan terlihat seperti cincin yang bercahaya.

Gerhana Matahari Hibrida
Gerhana matahari hibrida bergeser antara gerhana total dan cincin. Pada titik tertentu di permukaan bumi, gerhana ini muncul sebagai gerhana total, sedangkan pada titik-titik lain muncul sebagai gerhana cincin. Gerhana hibrida relatif jarang.

Mengamati Gerhana Matahari          
Melihat secara langsung ke fotosfer matahari (bagian cincin terang dari matahari) walaupun hanya dalam beberapa detik dapat mengakibatkan kerusakan permanen retina mata karena radiasi tinggi yang tak terlihat yang dipancarkan dari fotosfer. Kerusakan yang ditimbulkan dapat mengakibatkan kebutaan. Mengamati gerhana matahari membutuhkan pelindung mata khusus atau dengan menggunakan metode melihat secara tidak langsung. Kaca mata sunglasses tidak aman untuk digunakan karena tidak menyaring radiasi inframerah yang dapat merusak retina mata. Karena cepatnya peredaran bumi mengitari matahari, gerhana matahari tak mungkin berlangsung lebih dari 7 menit 58 detik. Jadi, jika ingin melihatnya lakukanlah sesegera mungkin.

                                                       Sumber : Click Here



Keterangan warna tulisan:
Merah      : Konjungsi sebab akibat               
Hijau        : Verba sebab akibat
Biru         : Kata kerja relasional
Cokelat    : Nomina sebab akibat
Ungu        : Kata kerja material


Semoga bermanfaat gan, mohon maap ye bila ada yang salah-salah gitu.
Wassalamualaikum!
contoh teks eksplanasi, contoh teks eksplanasi tentang alam, contoh teks eksplanasi alam dengan struktur, contoh teks eksplanasi gerhana matahari, contoh teks eksplanasi struktur, contoh teks eksplanasi dengan strukturnya

Postingan terkait:

10 Tanggapan untuk "Contoh Teks Eksplanasi Beserta Strukturnya"

Terima kasih sudah berkunjung. Jika sempat silahkan tinggalkan jejak. Mohon berkomentar dengan bijak ya :)