Gelombang Mikro


Definisi
      Gelombang mikro adalah gelombang elektromagnetik yang tergolong kategori SHF (Super High Frequency) dengan frekuensi (f) berkisar antara 3 GHz – 300 GHz (1 GHz = 1 x 109 Hz) dan panjang gelombang (λ) berkisar antara 1 mm – 1 m. Sebagai salah satu gelombang elektromagnetik, gelombang ini tidak dapat dilihat oleh mata manusia.

Sosok yang Terkait
      Dari berbagai literatur, tidak diketahui penemu gelombang mikro secara pasti. Namun jika kita menelusuri dari aplikasinya, gelombang ini pertama kali digunakan pada sistem RADAR (Radio Detecting Ranging). Alat ini ditemukan oleh Robert Watson Watt saat Perang Dunia II pada tahun 1943.

Mekanisme
      Gelombang mikro merambat secara garis lurus, sehingga pembangunan stasiun gelombang mikro harus mempertimbangkan faktor lokasi agar terhindari dari interferensi. Biasanya pembangunan stasiun gelombang mikro ditempatkan pada puncak gedung / bangunan, atau bahkan puncak gunung. Meskipun demikian, gelombang mikro memiliki kecepatan transfer data yang cukup besar, maksimal 45 Mbps.
      Beberapa kelebihan gelombang mikro:
  • Kecepatan transfer data dan perambatannya relatif cepat, 
  • Efisien karena instalasinya relatif lebih murah, dan 
  • Aplikasi serta instalasinya relatif lebih mudah.
      Beberapa kekurangan gelombang mikro:
  • Mudah terinferensi oleh gelombang radio, dan
  • Merambat hanya dalam garis lurus serta tidak ada penghalang yang berarti.
Aplikasi 
  • Oven microwave
                Alat ini bekerja berdasarkan prinsip Hukum Planc, yaitu E = hf dimana E adalah Energi, h adalah tetapan Planc, dan f adalah frekuensi. Sebagaimana kita tahu bahwa gelombang mikro tergolong Super High Frequency, maka energy yang dihasilkan gelombang mikro sangat besar. Frekuensi gelombang mikro yang digunakan pada oven microwave sebesar 2,45 GHz. 
Gambar 1 : Bagian Oven Microwaves.
  • Telekomunikasi
Gelombang mikro dimanfaatkan untuk fasilitas hotspot (wi-Fi). Gelombang ini juga dimanfaatkan dalam bluetooth untuk transfer file antar handphone atau handphone dengan komputer. Operator telekomunikasi juga memanfaatkan gelombang mikro untuk komunikasi dengan pelanggannya. Di Eropa khususnya di Jerman sudah jarang penggunaan gelombang mikro untuk komunikasi. Untuk komunikasi operator GSM di indonesia memakai frekuensi di sekitar 800 MHz, 900 MHz dan 1800 MHz.

Gambar 2 : Logo wi - Fi area. Sumber : www.wightwireless.net
  • RADAR (Radio Detection and Ranging)

Radar merupakan pemanfaatan gelombang mikro pada rentang frekuensi 3 GHz. Radar adalah singkatan dari Radio Detection and Ranging. Antena radar dapat bertindak sebagai pemancar dan penerima gelombang elektromagnetik. Waktu antar transmit dan receive itu yang dipergunakan untuk mengitung jarak objek tersebut.

Gambar 3 : Radar. Sumber : en.wikipedia.org


Sumber artikel : Dari berbagai sumber.

Suka dengan artikel di blog ini? Silakan berlangganan gratis via email

0 Response to "Gelombang Mikro"

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung di website ini.

Jika berkenan, mohon berkomentar yang RELEVAN dengan bahasa yang santun.

Semua komentar selalu saya baca meskipun tidak semuanya dibalas. Harap maklum :)

Contact Form

Name

Email *

Message *