7 Karya Chopin Yang Terbaik

Chopin

PROLOG - Sebenernya ane juga gak terlalu mengerti analisis musik klasik apalagi kalau udah menyinggung partitur musik, tapi ane mencoba menulis postingan ini. Karya Chopin yang ada di list ini merupakan Best of Chopin versi saya sendiri, mungkin pembaca bisa juga menilai sendiri. Yang jelas, selera musik setiap orang itu berbeda jadi gak ada kata “benar atau salah” dalam pendapat yang relatif. Oke, langsung ya!

1. Nocturne No.2, Op.9 In E – flat Major

Sepertinya karya ini merupakan Nocturne terbaiknya Chopin. Menurut ane pribadi, Nocturne ini gak kedengeran kayak genre musik Classic (walaupun Chopin sebenarnya adalah pianis masa Romantik, tapi kebanyakan orang bilang Chopin adalah musisi klasik). Piece ini paling enak didenger malam hari gan karena nada – nadanya lembut gan, dan setahu ane Nocturne itu merupakan karya Chopin yang mengingatkan akan syahdunya suasana malam hari. Musiknya yang mendayu – dayu pas buat lagu penghantar tidur. Oh iya, Depapepe (duo gitaris dari Jepang) pernah ngecover lagu ini dalam album Depacla 2 lho! Manstab gan!

2. Etude No.3, Op. 10 In E Major

Banyak orang menyebut piece ini Tristesse karena menggambarkan kesedihan (dalam bahasa Perancis Tristesse artinya kesedihan). Piece ini merupakan Etude dari Chopin yang paling terkenal, bahkan tergolong sebagai salah satu karya terbaik Chopin. Bermain di nada dasar E mayor yang terkenal sebagai nada sedih dan sendu emang pas banget sama piece ini. Sebagai tambahan, Etude itu merupakan karya yang dibuat untuk melatih tangan para pianis agar lihai menari – nari di atas tuts piano lho gan!

3. Fantasie Impromptu Op.66 In C Sharp Major

Kalau Nocturne No.2, Op.9 jauh dari kesan Classic, piece ini justru kebalikannya. Lagu ini menurut ane bener – bener menggambarkan kesan Classicnya Chopin. Ibarat kata gan, kalo Mozart punya Symphony No.40 In G Major, maka untuk menandinginya Chopin punya Fantasie Impromptu Op.66. Siapapun yang mendengar karya ini pasti langsung takjub dan bilang “wow”, termasuk ane pribadi saat pertama kali denger gan. Dari openingnya, Chopin langsung bermain dengan “liar” (ibarat di gitar, baru intro udah main sweeping gan). Menurut artikel yang pernah ane baca, Chopin selama hidupnya hanya menggunakan nomor opus hingga 65 gan, sedangkan piece ini nomor opusnya 66. Jadi kesimpulannya, karya ini dipublikasikan oleh orang lain setelah kematian Chopin.

4. Ballade No.1, Op.23 In G Minor

Nah, ini merupakan piece yang paling ane suka dari Chopin. Ballade ini merupakan Ballade yang paling terkenal dari Chopin. Bermain di nada dasar G Minor, Chopin bermain dengan sepenuh hati dan penuh perasaan dari awal lagu sampe akhir. Ballade ini, menurut ane, menggambarkan suasana hati yang sedih di awal, menangis meraung – raung di pertengahan akan tetapi reda di akhir lagu. Lagu ini udah terkenal gan, salah satunya bisa dijumpai di film The Pianist dan anime Shigatsu wa Kimi no Uso! Dari artikel yang ane baca, lagu ini memiliki tingkat kesulitan yang tinggi gan dan diperlukan teknik yang luar biasa untuk menginterpretasikan karya ini dengan baik.

5. Prelude No.15, Op.28 In D-flat Major

Piece ini diberi julukan Raindrop karena nadanya terdengar seperti rintikan hujan, tipis, mengalun, dan membisik di telinga. Prelude ini enak buat untuk didenger kalo suasana hati lagi kalem, rasanya merdu banget gan. Nice lah gan!

6. Nocturne No.27, Op 2 In D – flat Major

Piece ini menurut ane lumayan gan, walaupun mungkin gak se-syahdu Nocturne No.2, Op.9 In E – flat Major. Meskipun begitu, piece ini tetep mewakili kesyahduan malam hari, dan paling enak didenger malem – malem. Piece ini kalem di depan dan agak beringas di tengah, tapi pada dasarnya karya ini kalem kok.

7. Ballade No.4, Op.52 In F Minor

Piece ini merupakan Ballade terpanjang dari Chopin, berdurasi sekitar 12 menit. Dari awal lagu, piano udah berdenting dengan lembut gan. Smooth dah pokoknya, walaupun di tengah lagu kok nadanya kedengaran mirip horror ya. (mungkin ini cuman perasaan ane doangan gan). Jadi merinding ane gan kalo di kostan sendirian ngedengerin lagu ini (lebay anjrit).

Nah itulah beberapa karya Chopin yang menarik dan bagus menurut ane gan. Kalo punya saran piece, komen di bawah gan!

Chopin, karya chopin, karya chopin terbaik, karya chopin rekomendasi, lagu klasik, lagu klasik rekomendasi, lagu piano, lagu piano bagus, lagu piano rekomendasi, lagu klasik bagus, lagu piano chopin, lagu klasik enak, lagu piano enak

Suka dengan artikel di blog ini? Silakan berlangganan gratis via email

20 Responses to "7 Karya Chopin Yang Terbaik"

  1. Ballade No.1, Op.23 In G Minor, paling the best gan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya rasa juga begitu gan, benar - benar masterpiece dari Chopin :)

      Delete
  2. Menurut saya Karya terbaiknya Chopin adalah "Nocturne OP.62 no.2"
    Itu Karya Chopin ter-Favorite saya.
    Karya itu begitu romantic, dramatic, classically, full emotional. Saya sangat kagum sekali dengan Karya itu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah sayang sekali, saya belum dengar karya itu. Makasih atas sarannya gan, secepatnya akan saya dengar :)

      Delete
  3. izin copas ya... bagus banget soalnya.. ntar aku sertain linknya.. makasih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan mba, linknya aktif ya. Terima kasih :)

      Delete
  4. kok Chopin Fantasie Impromptu op. 29 no 1 gak masuk ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Fantasia Impromptu yang terbaik menurut para ahli dan pecinta klasik ya yang opus 66 mbak. Nanti saya coba denger ya mbak

      Delete
    2. Setelah dicek ternyata op.29 no.1 itu Impromptu mbak, bukan Fantasie Impromptu

      Delete
  5. Kesedihan yang mendalam dalam karyanya Nocturne No. 20 OP. POSTH bagi saya tenang dengan cara mewarnai kesedihannya dengan sebuah alasan. Ini pendapat saya, mas. Saran salah satu lagu dari si Pianist pendiam itu he he he.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh iya gan, setelah didenger emang bagus gan. Makasih masukannya :)

      Delete
  6. Nocturne op 48 no 1 juga Beat gan

    ReplyDelete
  7. mas saya nyari lagu chopin yang mirip2 alunan nadanya mirip mirip nocturne in c sharp minor, bingung nyarinya. tlg pencerahan soalnya banyak banget karya maestro satu ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang main di C Sharp minor dan bagus itu Fantasie Impromptu gan, bagus tuh. Tapi sayangnya bukan Nocturne

      Delete
  8. Kalo Aku sukanya Waltz In E minor :D

    ReplyDelete
  9. Aku gak begitu paham tentang musik chopin tapi hampir semua karyanya aku suka. Thank you referensinya yah min. ��

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung di website ini.

Jika berkenan, mohon berkomentar yang RELEVAN dengan bahasa yang santun.

Semua komentar selalu saya baca meskipun tidak semuanya dibalas. Harap maklum :)

Contact Form

Name

Email *

Message *