Bingung Pilih Niche Blog? Baca Tips Berikut!

Assalamualaikum Wr.Wb.

Udah lama nih gan nggak update, maklum kehidupan kelas 12 SMAKBo sangat padat. Pada postingan kali ini, ane mau share beberapa tips untuk memilih niche blog. 
  • Sebelumnya, apa sih niche blog itu?
Niche blog, singkatnya adalah topik. Sebuah blog harus mempunyai topik yang spesifik, tujuannya sederhana, tidak lain tidak bukan adalah agar kita tidak bingung dalam membuat postingan. Ibarat sebuah teks atau paragraf yang mempunyai gagasan utama, maka blog harus memiliki topik atau niche.
  • Apa sih niche yang bagus diterapkan untuk sebuah blog?
Niche yang bagus untuk blog, menurut ane, adalah RELATIF. Apa maksudnya?
Ngeblog itu ibarat seni, dimana dalam mengekspresikan dan mengapresiasinya adalah BEBAS. Bebas disini maksudnya tidak terlalu terikat dengan aturan yang mutlak, dan di titik inilah yang membedakan antara seni dan eksakta. Apapun nichenya, Anda harus selalu punya mindset bahwa tulisan kita haruslah bermanfaat bagi orang lain. Namun, perlu digaris bawahi satu peraturan mutlak yang berlaku, yaitu postingan kita harus bermanfaat, berbobot dan berkualitas baik, serta tidak melanggar hak cipta orang lain. Dengan demikian, ngeblog akan semakin menyenangkan.

Beberapa tips tanbahan dalam memilih niche atau topik blog :
  • Pilihlah niche yang benar - benar Anda kuasai.
Hal ini penting karena Anda - lah yang menulis postingan blog Anda (lain ceritanya jika Anda menyewa penulis untuk membuat postingan di blog Anda. Jangan sampai karena materi niche yang Anda pilih tidak Anda kuasai maka Anda hanya mengcopy paste hasil postingan orang lain. 
  • Pilihlah niche sesuai hati Anda.
Hal ini penting, tetapi tetap mempertimbangkan poin di atas. Memilih niche yang kita sukai memang bagus, tapi lebih baik jangan dipilih jika Anda belum menguasainya dengan matang. Oleh karena itu, tetaplah ngeblog sesuai hati dan passion Anda. Sesuatu yang dijalankan dengan hati nurani, Insya Allah akan menghasilkan hasil yang baik.
  • Pilihlah niche yang jarang orang kuasai.
Sebenernya ini hanya bisa dilakukan jika Anda pandai melihat keadaan. Jika banyak blogger yang memiliki niche yang sama dengan Anda, itu artinya saingan Anda akan semakin banyak. Tetapi bukan berarti Anda harus angkat tangan dan mengibarkan bendera putih, terkadang kita bisa belajar dari saingan atau kompetitor kita. Jika Anda memilik niche yang sudah banyak dipilih orang, maka hanya ada datu cara: buatlah postingan dan konten yang lebih berkualitas dibandingkan mereka.

Jika Anda sudah menentukan niche / topik, dan Anda sudah memantapkan hati, maka tunggu apa lagi? Segeralah buat blog-mu sendiri!

Happy blogging!

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Suka dengan artikel di blog ini? Silakan berlangganan gratis via email

0 Response to "Bingung Pilih Niche Blog? Baca Tips Berikut!"

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung di website ini.

Jika berkenan, mohon berkomentar yang RELEVAN dengan bahasa yang santun.

Semua komentar selalu saya baca meskipun tidak semuanya dibalas. Harap maklum :)

Contact Form

Name

Email *

Message *