Daftar AdSense? Takut Ditolak? Baca Tips Ini!


Cara dan Tips Agar Blog atau Website Diterima Google Adsense - Yo apa kabar semuanya? udah lama nih ane gak ngepost tentang seputar blog, dan juga blog ini Alhamdulillah baru saja mendapatkan approve dari Google Adsense karena itu admin disini ingin berbagi beberapa cara yang harus dilakukan agar blog tersebut diterima oleh Google Adsense. Langsung saja gan, disimak ya. (Catatan : sangat direkomendasikan untuk dibaca perlahan sampai selesai gan!)
  • Memiliki tekad dan kemauan tinggi 
      Ketika ane mengunjungi halaman Google Adsense, disana langsung terpampang dengan jelas,"Turn Your Passion into Provit". Apa maksudnya? Kalimat tersebut jelas menyatakan bahwa dengan Google Adsense kita dapat menyalurkan hobby dan passion kita dengan tetap mendapatkan keuntungan berupa uang. Perhatikan kata passion, yang ane lihat di kamus itu artinya kemauan yang tinggi. Jadi agan harus berkemauan tinggi dan serius untuk blogging, bukan hanya untuk main - main semata.
  • Blog harus berumur minimal 6 bulan atau lebih
     Kalau soal yang satu ini admin sendiri belum bisa memastikan, tetapi blog ini saat diterima oleh Google Adsense sudah berumur lebih dari 1 tahun. Menurut pengalaman admin, blog dengan usia muda masih relatif belum terindeks oleh mesin penelusuran seperti Google dkk, mungkin faktor ini lah yang menyebabkan poin di atas memang termasuk dan mungkin Google Adsense akan melihat blog mana yang dikelola asal-asalan dan mana blog yang dikelola dengan serius.
  • Blog harus mempunyai topik / niche yang ditonjolkan
    Ya itu syarat yang harus dipenuhi, karena Google Adsense nantinya akan menampilkan iklan yang relevan terhadap konten blog agan, jadi jika blog agan tidak memiliki topik yang menonjol, maka Adsense pun akan "bingung" untuk memberikan iklan yang relevan terhadap blog agan, dan kemungkinan besar blog agan akan ditolak.
  • Memiliki logo dan favicon sendiri
    Sebenernya ane gak pernah nemu tips yang satu ini di blog manapun, akan tetapi ane memberanikan diri untuk mencantumkan tips yang satu ini. Mengapa? Dengan memperhatikan hal - hal kecil seperti logo dan favicon, maka Anda telah selangkah lebih maju untuk mendapatkan kepercayaan sebagai calon publisher Google Adsense.


  • Percantik tampilan layout blog
   Yang ini mungkin tidak terlalu berpengaruh, tetapi berdasarkan pengalaman blog ini sebelumnya pernah ditolak oleh Adsense, dan akhirnya meninjau ulang beberapa hal seperti tampilan blog ini yang dulunya cukup amburadul, akhirnya diganti dengan yang lebih rapi. Dan menurut ane, semua kata sifat itu relatif tergantung siapa yang melihat, karena kita ingin mendaftar Google Adsense maka kita harus memprioritaskan pandangan Google. Google menjunjung tinggi kesederhanaan, oleh karena itu gunakan template yang sederhana namun tetap elegan, sedap dipandang, sekaligus tentunya responsive dan SEO friendly.
  • Views blog
   Beberapa blogger ada yang pro dan kontra terhadap yang satu ini, tetapi saat blog ini ditolak dulu oleh Adsense pageviewnya hanya sekitar 100-300/hari. Semenjak saat itu ane melakukan optimisasi sehingga views berhasil mencapai 700-1100/hari, dan ketika didaftarkan kembali Bingo!


  • Memiliki minimal 1 postingan yang ramai
   Ibarat main basket, postingan yang ramai merupakan ace bagi sebuah blog. Ini jelas gan, setidaknya blog Agan harus memiliki 1 buah postingan yang 'layak' (tentunya dilihat dari segi viewnya).Saat blog ini didaftarkan ke Google Adsense yang kedua kalinya, blog ini memiliki beberapa postingan yang ramai oleh pengunjung dan postingan tersebut jumlah viewnya sudah lebih dari 5000 views. Postingan tersebut adalah contoh teks eksplanasi gerhana matahari dan lagu yang enak buat ngeband!
  • Lengkapi dengan halaman TOS, About, Kontak, dan lain-lain
   Perlukah yang satu ini? Banyak yang menganggap bahwa halaman ini bersifat opsional. Ane rasa memang gak salah, tapi akan lebih baik lagi jika agan menambahkan halaman ini ke blog agan. Mengapa?

Website yang dibangun dengan keseriusan biasanya akan memiliki halaman ini, dan jika dipasang akan menunjukkan bahwa agan serius. Google Adsense mungkin akan mempertimbangkannya.

Beberapa Frequently Asked Question (FAQ) yang ditanyakan mengenai Google Adsense:
  • Apakah pagerank Alexa mempengaruhi diterima atau tidaknya blog oleh Adsense?
Jawaban ane : menurut ane tidak terlalu pengaruh, karena blog ini waktu diterima Adsense, pagerank Alexanya bengkak (10 jutaan).
  • Apakah jumlah postingan harus banyak untuk dapat diterima?
Jawaban ane : setidaknya buatlah 100 postingan sebelum mencoba mendaftar Google Adsense karena saat blog ini diterima, jumlah postingannya kurang lebih 90 buah. Setiap blog dan setiap owner terkadang beda - beda, ada yang postingannya bisa dihitung jari tapi udah diapprove, ada juga yang sebaliknya.
  • Apakah topik / niche blog agar diterima Google Adsense?
Jawaban ane : mungkin lebih baik jika blog yang Anda buat kontennya berkualitas dan topiknya pendidikan. Hindari topik yang menyangkut hak cipta (download dkk).

Kesimpulan dan tambahan dari uraian di atas adalah :
  • Jalani aktivitas blogging dengan niat dan hobby, tunjukkan pada semua orang bahwa Anda adalah seorang blogger sejati yang serius dan kompeten dalam dunia blogging.
  • Dalam mendaftar Google Adsense perlu proses, dimana hasil yang baik bukanlah hal yang instan. 
  • Jika ditolak maka perbaiki blog Anda dan mendaftar kembali (jangan menyerah) jika merasa sudah lebih baik dari sebelumnya
  • Usahakan artikel yang dibuat original, bukan copy paste dari blog orang lain, apalagi tidak menyertakan link dari blog sumbernya.
Happy Blogging :)
syarat blog diterima adsense, cara cepat diterima adsense, cara agar diterima adsense, cara mudah diterima adsense, diterima google adsense, google adsense adalah

Suka dengan artikel di blog ini? Silakan berlangganan gratis via email

26 Responses to "Daftar AdSense? Takut Ditolak? Baca Tips Ini!"

  1. yaah harus 6 bulan yah gan?, blog ane baru 3 bulan huhuuhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenernya gak ada usia pastinya gan, tapi asumsinya kalo usia blog udah cukup lama dan masih aktif itu berarti si bloggernya serius dalam dunia blogging gan.

      Delete
  2. sebenernya gmpng kl kita bnr.2 maximal untuk bekerja by dedi mitsubishi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya gan bener, asalkan hobby blogging dan serius

      Delete
  3. bang ad trik kusus yg blm smua orng tau g?? ane pngn bngt k.trima adsense
    by dedi mekanikmitsubishi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Artikel di atas sudah mewakili gan. Sebenernya gak ada trik khusus, asalkan kita niat banget dalam ngeblog Insya Allah bisa diterima gan. Keep blogging :)

      Delete
  4. wah blog saya 1 bulan aja belom hehe. btw makasih infonya gan . sangat membantu :)

    ReplyDelete
  5. adsense efeknya gede juga ya bro 100 jadi 700/day

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukan gitu gan maksudnya, bukan Adsense yang menyebabkan views naik. Jadi pas ane ditolak Adsense, views ane per hari cuman 100 - 300. Nah ane perbaikin kualitas blog ane sampe mencapai views 700 - 1000. Nah pas views udah 700 - 1000 ane daftar lagi dan Alhamdulillah keterima.

      Delete
  6. Replies
    1. Oke sama - sama, makasih kunjungannya dan keep blogging gan :)

      Delete
  7. Nice gan, Alhamdulillah udh approve hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah, tinggal optimisasi pendapatan gan. Keep blogging :)

      Delete
  8. mantap nih infonya gan sangat bermanfaat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih kunjungannya, keep blogging gan :)

      Delete
  9. Wah boleh di coba tuh gan caranya.
    Kalau blog ini kira² keterima atau tidak yah gan ariosinformation.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh ane gak bisa nentuin secara pasti gan, ane kan ga tahu statistik blog agan. Asal ikutin cara di atas Insya Allah bisa gan. Semangat, keep blogging :)

      Delete
  10. Oh, ternyata begitu ya, pantes aja blog ane udah 2 kali ditolak.
    Lha postingan saya cuma 60, viewnya juga maksimal 100/day ..
    Thanks infonya bro..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya gan, pokoknya perbanyak postingan berkualitas dan tingkatkan terus jumlah viewsnya. Semangat agan, keeo blogging :)

      Delete
  11. wah tipsnya bagus mas, saya dapat ilmu baru mas

    ReplyDelete
  12. iazin praktik gan,, thanks artikelnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siap agan, tetap semangat dan makasih kunjungannya!

      Delete
  13. Wah terima kasih gan! Sangat bermanfaat :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oke gan, sukses selalu dan keep posting! Makasih kunjungannya :)

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung di website ini.

Jika berkenan, mohon berkomentar yang RELEVAN dengan bahasa yang santun.

Semua komentar selalu saya baca meskipun tidak semuanya dibalas. Harap maklum :)

Contact Form

Name

Email *

Message *