10 Tips Greget Memilih SMA atau SMK, Terarah dan Tepat Sasaran!

 

Kamu siswa / siswi SMP sederajat yang mau masuk SMA / SMK? Tapi masih bingung milih SMA atau SMK? Plus bingung pilih sekolah mana? 

Jangan khawatir, postingan Asymmetrical Life mengangkat topik yaitu tips memilih SMA/SMK/sederajat yang baik, terarah, dan tepat sasaran. 

Sebagaimana kita ketahui, pendidikan menjadi hal yang sangat penting dan krusial bagi masyarakat. Pendidikan yang kita tempuh saat ini akan membentuk pribadi dan jalan hidup kita ke depannya. Oleh karena itu, jangan sampai salah dalam memilih sekolah lanjutan.

Di bawah ini saya sudah menyiapkan beberapa tips–tips yang bisa dicoba, langsung ya! 

1. Diskusikan dengan Orang Tua

Orang tua selalu menginginkan dan tahu apa yang terbaik untuk putra–putrinya.

Bagi kamu yang akan lulus dan memilih sekolah yang lebih tinggi, diskusikan baik–baik dengan orang tua dan dengarkan nasehat dan sarannya. Ingat, ridho Allah tergantung ridho orang tua lho!

Jika pilihanmu sejalan dengan orang tua, maka bersyukurlah.

Sedangkan jika ternyata berbeda, yakinkanlah dengan bahasa yang sopan tanpa menyakitinya.

2. Shalat Istikharah 


Bagi kawan yang beragama Islam, alangkah baiknya jika menyempatkan diri untuk melakukan shalat Istikharah karena Insya Allah dengan ditunaikannya shalat ini, Allah akan memberikan petunjuk yang terbaik bagi hamba–Nya.

Selain itu, sholat Tahajjud juga bisa menjadi salah satu cara memohon agar dimudahkan segala urusannya khususnya dalam melanjutkan pendidikan.

Jangan lupa berdoa ya dan minta petunjuk agar diberikan jalan dan kemudahan :) 

3. Lihat Passion Kamu 


Kamu suka dengan hal–hal berbau komputer? Atau suka dengan kegiatan memasak? Bahkan terkagum–kagum dengan laboratorium?

Sudah pasti, masuk SMK lah! Lain ceritanya kalau kamu mamang belum menentukan passion dan minat kamu, ya kamu bisa ambil SMA.

SMA juga terbagi menjadi 2 jenis lho, ada yang IPA dan IPS. Kalau kamu lebih suka hitungan dan eksak lebih baik masuk ke IPA.

Sedangkan jurusan IPS lebih cocok untuk orang yang tertarik dengan sosial, komunikasi, atau bahkan ekonomi.

4. Pertimbangkan Biayanya 


Sebenarnya saya percaya bahwa rezeki sudah ada yang mengatur, meskipun sendainya kamu berasal dari keluarga kurang mampu tapi kalau Allah berkehendak maka bisa saja kamu sekolah di sekolah yang elit. 

Jika sudah seperti ini, kita sebagai manusia hanya tinggal mengikuti karena itulah kehendak Allah dan itulah yang terbaik buat kita.

Tapi ingat, tugas manusia adalah berusaha, jadi kita tetap harus mempertimbangkan dan memperhitungkan biayanya.

Oh iya, kamu nggak perlu malu seandainya orang tua kamu harus pinjam untuk biayai sekolah kamu. Ingat tugas kita sebagai anak dan sebagai pelajar adalah belajar dengan baik dan tekun.

Tunjukkan kepada orang tua kita bahwa perjuangan beliau tidak sia – sia! 

5. Tentukan Mau Kuliah atau Kerja


"Kan baru nentuin SMA / SMK / sederajat, mengapa harus milih kerja atau kuliah?"

SMA dan SMK memiliki spesifikasi yang berbeda. SMA dirancang khusus untuk melanjutkan studi ke tingkat yang lebih tinggi lagi yaitu perguruan tinggi.

Sedangkan SMK memang diperuntukkan untuk bekerja dan mandiri, walaupun dewasa ini siswa SMK juga banyak yang memutuskan untuk kuliah.

Kalau seandainya kamu memang berniat kuliah, pilih SMA akan lebih baik dibandingkan SMK. Tapi bukan berarti lulusan SMK gak bisa kuliah ya? Banyak kok yang sudah membuktikan! 

6. Tanamkan Niat Yang Benar Untuk Sekolah 


Maksudnya apa? Jangan cuma sekolah ngincer ijazah, yang penting lulus, masa depan gimana nanti aja. Buang jauh–jauh pikiran itu.

Intinya cari sekolah yang benar–benar memfasilitasi kamu untuk belajar dan menimba ilmu, dan tentunya dilingkupi atmosfer yang baik pula.

Dengan mind set yang benar, maka Insya Allah pikiran kita akan dibuka dan dicerahkan-Nya. 

7. Daftar di Banyak Sekolah 


Sistem masuk SMA/SMK favorit saat ini umumnya berdasarkan seleksi rapor, NEM, atau hasil testing. Untuk itu kamu perlu buat skala prioritas, dengan berbagai pilihan.

Pilihan pertama udah pasti yang bener–bener kamu inginkan, pilihan kedua udah jelas yang kamu inginkan, pilihan ketiga juga pasti yang kamu inginkan saja (lho? Hehehe)

Jadi seandainya kamu menerima kemungkinan terburuk nggak keterima di pilihan pertama, kamu masih punya pilihan kedua dan ketiga kan? Untuk antisipasi saja ya.

8. Cari Info Sebanyak–Banyaknya

Biasanya kita bisa menanyakan masalah ini kepada guru BP/BK, beliau–beliau sudah sangat berpengalaman untuk urusan yang satu ini.

Selain dari pihak sekolah, kamu bisa juga memanfaatkan dunia internet. Saat ini informasi dengan sangat mudahnya bisa ditemukan di internet bukan?

Manfaatkanlah dunia internet untuk hal positif, seperti yang satu ini.

Jangan lupa telusuri sejarah, sepak terjang, riwayat, dan yang terpenting adalah telusuri ALUMNI-nya, karena alumni kemungkinan besar adalah gambaran dari kualitas sekolah itu sendiri.

Selain mencarinya lewat guru BP/BK dan media massa, kamu bisa juga tanya–tanya ke kakak kelas yang sekolah di SMA/SMK idaman kamu.

Tanya–tanya mengenai pendaftarannya, seleksi raport atau NEM, seleksi testing, sampe pengalaman dan kesan mereka menjadi bagian sekolah tersebut.

Perhatikan detailnya ya, jangan sampai ada yang terlewat. 

9. Finishing / Eksekusi Yang Baik


Jika kamu sudah mempersiapkan semua hal di atas, langkah terakhir yang harus kamu lakukan adalah tahap finishing atau eksekusi!

Jika kamu seleksi lewat raport, maka perbaguslah nilai raport kamu dengan cara yang baik. Jika kamu seleksi lewat tes tertulis, maka belajarlah dengan giat. Dan ingatlah Allah agar kamu beruntung ya!

10. Cari Cara Kamu Sendiri

Setiap orang pasti punya cara sendiri untuk menggapai sukses, begitu pula ente. Bisa jadi cara yang ente pake lebih baik daripada tips yang ada di atas.

Sebagai penutup, ane saya menyampaikan pepatah dan prinsip yang selalu saya pegang.  
Emas tetaplah emas di mana pun ia berada. 

Artinya prestasi kamu tidak sepenuhnya ditentukan oleh sekolah dan tempat belajarmu, tapi itu kembali lagi ke niat dan passion kita untuk belajar.

Seandainya kamu sekolah di tempat yang biasa–biasa saja tapi semangat dan usaha kamu keras, saya yakin hasilnya pun akan baik.

Begitu pula sebaliknya, jika kamu sekolah di tempat bagus dengan rasa mager dan ogah–ogahan, saya yakin hasilnya pun kurang memuaskan.

Rekomendasi

Saya ada rekomendasi sekolah yang pas buat kamu yang ingin kerja setelah lulus nanti, Insya Allah sekolah ini mengajarkan dan mendidik anak muridnya dengan baik dan professional sehingga menghasilkan lulusan yang berkualitas.

Penasaran?

Sekolah ini bernama SMK–SMAK Bogor (dahulu SAKMA, SMAKBo), sebuah Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dengan kompetensi keahlian Kimia Analisis.

Untuk lokasinya, SMAKBo ada di kota Hujan, Bogor.

Info pendaftaran lengkap dan seleksinya bisa dilihat pada postingan saya yaitu penerimaan siswa baru SMK - SMAK Bogor.


Terima kasih sudah membaca tips greget yang satu ini :)

Suka dengan artikel di blog ini? Silakan berlangganan gratis via email

2 Responses to "10 Tips Greget Memilih SMA atau SMK, Terarah dan Tepat Sasaran!"

Terima kasih sudah berkunjung di website ini.

Jika berkenan, mohon berkomentar yang RELEVAN dengan bahasa yang santun.

Semua komentar selalu saya baca meskipun tidak semuanya dibalas. Harap maklum :)

Contact Form

Name

Email *

Message *