Bingung Liburan Mau Ngapain Aja? Ini Lho 11 Kegiatan Seru dan Asyik Pengisi Liburan Kamu!

Liburan

Asymmetrical Life – Libur telah tiba! Hore! Hatiku gembira ~

Apa kabar sobat Asymmetrical Life dimanapun kalian berada? Semoga selalu sehat walafiat ya. . . .
Beberapa saat yang lalu saat saya sedang meluncur ke sekolah buat nongkrong dan cari cabe latihan band, saya bertemu dengan seorang gadis imut cantik nan jelita di angkot. Dia pakai seragam ketat nan aduhai lengkap dengan sepatunya. Tapi kok ada yang aneh ya?

Ternyata dia dianterin sama ibunya.

Ya kali ke sekolah dianterin sama ibunya, malu dong sama make up tebal. Ternyata dia mau bagi rapot gengs!

Buset, sekolah lain udah pada bagi rapot ya? Sekolah gue belom, senyumin aja :)

Saya ambil kesimpulan bahwa : liburan telah tiba! Yeay ~ 

Okay back to the topic, postingan ini didedikasikan buat kamu – kamu khususnya anak SMAKBo yang suka bingung kalau memasuki fase liburan karena SMAKBo nggak pernah ngasih libur tidak ada kegiatan berarti yang bisa saya lakukan saat liburan. Tapi ternyata ada banyak lho kegiatan seru yang bisa kita lakukan saat liburan. Apa sajakah? Langsung saja dicheck kegiatan berikut ya!

1. Nonton Film atau Anime

Nonton

Ini yang biasa dilakuin kebanyakan orang saat liburan. Saya juga suka melakukannya bahkan terkadang sampai lupa waktu (yang ini jangan ditiru ya hehe).

Mungkin kalau kegiatan sekolah atau kerja kamu nggak terlalu sibuk, kamu bisa melakukan hal ini setiap hari. Tapi bagi mereka yang punya segudang aktivitas dan jadwal sehingga pergi dan pulang tidak berjumpa dengan matahari, kegiatan nonton film atau anime hanya bisa dilakukan saat libur saja bukan?

Film atau anime memiliki nilai hiburan dan juga banyak mengandung pelajaran – pelajaran positif lho, asal jangan nonton film dewasa aja ya hihihi.

2. Berenang

Berenang

Sejujurnya saya sudah lama tidak berenang lho. Terakhir kali saya berenang itu saat saya kelas 3 SMP dan sekarang saya sudah kelas 4 SMK. Meskipun begitu, masih teringat jelas kesenangan yang saya dapatkan saat berenang.

Memang sih, berenang itu pasti nggak asyik kalau cuman sendirian. Mangkanya kamu bisa ajak keluarga atau sahabat untuk aktivitas liburan yang satu ini.

Kalau saya nggak bisa berenang gimana gan?

Ya nggak apa – apa. Meskipun tertulis kata “berenang” di atas, sebenarnya itu hanya konotasi saja. Dengan sekedar bermain perosotan atau volley air di kolam berenang saja sudah diartikan sebagai berenang.

3. Bernyanyi dan Main Musik


Ini salah satu aktivitas liburan kesukaan saya euy karena memang saya hobi di bidang ini.

Bernyanyi dan bermusik bisa membawa keseruan baik dilakukan sendiri (solo) maupun beregu (band atau grup musik). Ditambah lagi ada banyak sekali lagu yang enak untuk dibawakan sehingga dijamin liburan kamu nggak bakal basi deh.

Ada banyak instrument yang bisa dimainkan, tapi yang paling digemari sih tetep gitar dan keyboard karena bisa mengiringi segala jenis lagu. Tapi nggak ada salahnya juga coba alat musik anti mainstream seperti biola, saxophone, atau bahkan harmonika.

Musik memiliki banyak manfaat lho, antara lain melatih feeling dan perasaan kita dan juga melatih kemampuan seni dan otak kanan. Wow banget kan?

4. Menulis atau Ngeblog

Ngeblog

Bagi sebagian orang (termasuk saya), menulis tidak dapat dipisahkan dari bagian kehidupan lainnya. Menulis di sini tidak hanya sebatas dengan pena dan secarik kertas saja, bisa juga dilakukan di depan laptop atau komputer dengan aplikasi pengolah kata dan keyboard.

Selain menulis bisa dijadikan sebagai hobi dasar yang menunjang hobi lain seperti ngeblog. Yap, menulis dan blogging adalah 2 hal yang tidak dapat dipisahkan.

Terlebih di era yang serba digital saat ini, kegiatan menulis dan ngeblog dapat menjadi hobi yang membawa rejeki. Sebut saja dari Google Adsense atau jasa periklanan lainnya, ada pula job untuk review, dan masih banyak lagi.

Baca juga :

5. Outbound

Outbound

Outbound merupakan kegiatan yang seru sekaligus sarat akan makna dan tujuan seperti melatih ketangkasan diri, memperbaiki kerja sama tim, sarana olahraga dan tentunya ajang untuk saling mengenal lebih dalam dan bergembira bersama – sama. Selain itu, outbound bisa dijadikan sebagai sarana merenungi keindahan alam dan ciptaan Allah.

Biasanya games dan sarana outbound itu banyak jenisnya dan membutuhkan keahlian / ketangkasan yang beragam. Jadi dijamin kamu nggak bakalan bosan deh!

Untuk tempatnya, kamu nggak usah khawatir karena dewasa ini telah banyak berkembang tempat – tempat outbound yang tersebar di berbagai pelosok. Tinggal browsing aja dan cari lokasi yang terdekat biar nggak kena macet ^^

6. Berkebun

Berkebun

Masih bertema alam seperti outbound, liburan kamu juga bakal seru kalau kamu bisa nyobain kesempatan untuk berkebun. Maklum lah, anak kota zaman sekarang mah kan nggak tahu seluk beluk dalam kegiatan yang satu ini.

Sangat menyenangkan bisa melihat sebuah tanaman bisa tumbuh dan berkembang dalam perawatan kita. Kegiatan berkebun di sini nggak cuman menanam tanaman saja, tapi termasuk juga menyiramnya, memberi pupuk, merapikan ranting dan cabang, juga melihatnya tumbuh setiap hari hingga berbunga maupun berbuah.

Saya sendiri sudah pernah mengalami keasyikan aktivitas ini di kebun belakang rumah saya. Waktu itu saya ingat betul makan buah jeruk yang besar dan rasanya manis sekali.

Akhirnya terfikirlah untuk menanam bijinya.

Setiap hari saya siram dan saya pantau. Dan Alhamdulillah akhirnya tumbuh juga :)

7. Mengunjungi Sanak Saudara

Keluarga

Saya kangen dengan kegiatan liburan yang satu ini karena sekarang saya sudah tinggal dekat dengan keluarga besar saya.

Dulu sewaktu rumah saya masih jauh dengan rumah kakek dan nenek, saya tidak pernah absen berlibur ke sana saat liburan tiba. Masih teringat betul rasanya naik bis dan naik angkot puluhan kilometer untuk sampai ke rumah beliau.

Sekarang saya jarang main ke sana lagi semenjak rumah saya pindah dan berjarak hanya beberapa meter saja wkwk

8. Membaca Buku

Baca Buku

Banyak orang ill feel saat mendengar kata buku karena yang pertama kali terbayang adalah rumus matematika dan fisika yang rumitnya serumit jalan fikiran doi ilmu eksak lainnya. Tapi bukan buku itu yang saya maksud ya  . . .

Maksud saya di sini adalah buku – buku yang mengedepankan aspek entertainment atau ilmu – ilmu yang tidak terlalu berat. Ada banyak buku yang masuk kategori ini, sebut saja novel, komik, manga, atau bahkan buku – buku tentang astronomi, konspirasi, dan mitologi yang seru dan menggugah rasa penasaran.

Kalau saya lebih suka membaca sesuatu yang berbau astronomi, konspirasi, dan sejarah seperti alien, lubang hitam, bumi, planet misterius, sejarah peradaban manusia dan apalah itu yang penting menggugah rasa penasaran saya hehehe.

9. Pergi ke Tempat Baru Yang Asyik

Tempat Baru

Sebenarnya saya kurang suka yang satu ini. Alasannya sederhana, karena jalan – jalan saat liburan identik dengan kata macet yang bikin mati gaya.

Tapi apa salahnya juga mengunjungi tempat – tempat seru apalagi kalau belum pernah dikunjungi. Iya kan?

Sedikit curhat (walaupun terdengar prihatin), sebagai orang yang tinggal di Bogor selama 7 tahun terakhir ini saya belum pernah mengunjungi Kebun Raya Bogor dan Istana Kepresidenan Bogor.

Selain itu saya juga belum pernah ke Monas, Museum, Taman Mini, Planetarium, juga belum pernah mendaki gunung.

Mengenaskan sekali kamu nak wkwkwk

10. Reunian Bareng Temen SD, SMP, atau SMA

Reunian

Biasanya kita akan susah mengadakan reunion jika masih sibuk – sibuknya kerja atau kuliah kan?

Nah ini bisa jadi solusi dan alternatif buat kamu yang pingin ngadain reunian tapi waktunya nggak ada.

Yap, lakukan reunian saat waktu liburan. Ini akan lebih efektif dibandingkan saat hari kerja biasa karena pada dasarnya pekerja dan mahasiswa punya kesibukan yang super duper saat hari biasa bukan?

Dijamin bakalan banyak yang dateng deh kalau reuniannya pas lagi liburan hehehe

11. Do Nothing

Do Nothing

Sebenernya inilah yang paling penting dari semua aktivitas liburan, yaitu tidak ngapa – ngapain dan tidak kemana – mana. Ya, hanya berdiam diri, istirahat, dan berkumpul bersama keluarga tercinta di rumah.

Jangan sampai kamu tidak punya waktu sedikit pun untuk istirahat dan berkumpul bersama keluarga. Karena pada dasarnya inilah kegiatan liburan terbaik yang bisa dilakukan. Jangan lupa jauhkan smartphone dari jangkauan untuk sementara waktu saja agar kamu bisa istirahat total dari hiruk pikuknya kegiatan yang padat.

Dengan begitu, kamu akan fresh saat akan memulai kembali rutinitas harian pasca liburan.

Baiklah sobat Asymmetrical Life, itulah kegiatan liburan yang dapat sobat coba. Semoga bermanfaat, dan selamat liburan!

Suka dengan artikel di blog ini? Silakan berlangganan gratis via email

5 Responses to "Bingung Liburan Mau Ngapain Aja? Ini Lho 11 Kegiatan Seru dan Asyik Pengisi Liburan Kamu!"

  1. Ka. Liburan smakbo buat anak kelas 10 biasa nya kapan aja. Makasih

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung di website ini.

Jika berkenan, mohon berkomentar yang RELEVAN dengan bahasa yang santun.

Semua komentar selalu saya baca meskipun tidak semuanya dibalas. Harap maklum :)

Contact Form

Name

Email *

Message *