9 Kriteria Notebook Yang Pas Buat Mahasiswa


Angkat tangannya para pejuang SBMPTN dan SNMPTN! Bagaimana hasilnya, lolos nggak ke PTN yang diharapkan?

Buat kamu–kamu yang lolos, selamat! Dan jangan lupa untuk selalu up to date semua informasi seputar PTN – mu, jangan sampai terlewat jadwal untuk verifikasi berkas.

Buat kamu yang belum lolos, jangan bersedih dulu. Berarti masih ada jalan lain yang lebih baik lagi buat kamu. Oh iya, beberapa PTN masih membuka jalur ujian masuk dan ujian mandiri. Yang penting, jangan patah semangat dan tetap berusaha ya!

Sesi Curhat: SNMPTN 2017

Sedikit curhat, aku juga termasuk pejuang PTN tahun ini lho! Awalnya nggak berniat untuk kuliah, karena ingin langsung terjun ke dunia industri sebagai chemical analyst. Tetapi kedua orang tuaku menyarankan agar kuliah saja dulu, kesempatan tidak akan datang dua kali.

Akhirnya aku coba mendaftar SNMPTN.

Karena jalur SNMPTN merupakan seleksi berdasarkan nilai raport, maka pesertanya diwajibkan untuk verifikasi nilai raport yang telah di-input pihak sekolah di situs SNMPTN. Waktu itu, verifikasi nilai raport sudah harus selesai tanggal 14 Maret, eh celakanya aku baru inget pas tanggal 15 Maret.

Waduh, panik bukan main karena bisa–bisa nggak jadi kuliah nih. Eh pas aku buka situsnya, ternyata waktu verifikasi diundur hingga tanggal 16 Maret. Fiuhhh, selamat :)

Sebenarnya aku sedikit pesimis untuk bisa lolos SNMPTN karena kebetulan aku berasal dari SMK bukan SMA. Apalagi waktu itu aku mendaftar di Institut Pertanian Bogor dengan pilihan pertama Ilmu dan Teknologi Pangan dan pilihan keduanya Kimia.

Bayangkan, kedua jurusan itu termasuk paling favorit di IPB.

Walaupun begitu, berbekal doa restu dari orang tua dan guru, aku tetap mencoba daftar dan berharap namaku kecantol di daftar peserta yang lolos.

Dan ternyata rejeki nggak akan tertukar.

Alhamdulillah, tepat tanggal 26 April 2017 aku resmi diterima sebagai mahasiswa baru di Institut Pertanian Bogor jurusan Ilmu dan Teknologi Pangan lewat jalur SNMPTN. Yuhuuu, senang sekali rasanya! Hehehe.


Kampus Baru, Notebook Ikutan Baru

Lolos SNMPTN? Alhamdulillah sudah. Tinggal mikirin bagaimana caranya dapat notebook baru.  Namanya dunia perkuliahan pasti sangat butuh notebook sebagai sarana penunjang.

Walaupun penunjang, tapi kebutuhan akan notebook sudah menjadi kebutuhan primer lho! Soalnya hampir segala aktivitas di kampus tak luput dari penggunaan alat ini.

Sebenarnya aku sudah punya laptop, tapi kondisinya tergolong rusak karena tidak sengaja pernah kebanting waktu kelas 11 SMAKBo.

Walaupun body-nya sudah lecet dan nggak bisa dilipat lagi, untungnya laptop tersebut masih bisa survive alias nggak mati total.

Engselnya yang patah akibat benturan tersebut menyebabkan laptopku nggak bisa dibawa ke mana - mana lagi.

Oleh karena itu aku butuh yang baru, untuk dibawa saat kuliah nanti. Tapi apalah daya, rejekinya belum sampai. Sabar aja deh, nanti juga ada jalannya. Hehehe.


Kalau boleh jujur itu bukan laptop punyaku juga sih, melainkan dikasih sama temen mamah. Tak terasa sudah hampir 4 tahun dilalui bersama laptop ini, semenjak aku kelas 10 SMAKBo sampai sekarang hampir lulus di kelas 13.

Suka duka ngerjain tugas, belajar buat ulangan, bahkan bikin artikel dan konten untuk di-publish di blog tercinta. Terlalu banyak kenangan dengan laptop lama ini :(

Semoga ada jalannya untuk dapet laptop atau notebook yang baru! Aamiin.

Kalau Udah Punya Yang Baru, Terus Mau Ngapain?

Hal pertama tentunya bersyukur, karena mimpi yang didamba–dambakan bisa terwujud. Rejeki manusia kan hanya Allah yang mengatur. Yang pasti bakalan senang sekali :D

Selanjutnya, produktivitas dan kteativitasku sebagai seorang mahasiswa sekaligus blogger akan meningkat berkat kehadiran “senjata“ baru tersebut.

Blog lebih diurus, lebih rajin update konten, mengerjakan tugas individu dan kelompok semakin mudah, dan yang terakhir kegiatan belajar harus lebih rajin lagi.

Sementara Itu saja dulu, nanti kalau ada ditambah lagi. 

Kalau kamu punya laptop atau notebook baru, kamu mau ngapain aja?

9 Kriteria Notebook Yang Pas Buat Mahasiswa

 
Back to the topic. Bagi kamu yang dinyatakan lolos SNMPTN, SBMPTN, dan ujian masuk lainnya, maka selamat! Kamu berhak menyandang gelar MaBa alias Mahasiswa Baru di PTN pilihanmu masing–masing. Wih keren!

Sudah mulai terbayang dong “medan tempur” apa yang akan dilalui nanti (baca: kehidupan kampus)? Aktivitas ngampus mahasiswa baru dimulai dari masa orientasi, pengenalan lingkungan kampus, dan kenalan dengan teman–teman baru dari seluruh penjuru negeri.

Kalau sudah mulai belajar, akan muncul bagian yang paling tidak dinanti-nanti yaitu segudang tugas, sebut saja membuat makalah, presentasi dan juga kawan-kawannya.

Duh, belum juga mulai kuliah udah kebayang yang nggak–nggak :v

Oh iya, sosok mahasiswa yang beredar secara umum dibagi menjadi tiga kategori, yaitu:
  • Kupu-kupu (kuliah pulang-kuliah pulang),
  • Kura-kura (kuliah rapat-kuliah rapat), dan
  • Kunang-kunang (kuliah nangkring-kuliah nangkring).

Mahasiswa kupu-kupu adalah mahasiswa yang langsung pulang ke rumah atau kostan setelah kegiatan kuliah selesai.

Mahasiswa tipe kupu-kupu biasanya pribadi yang kurang suka bergaul dan menghindari aktivitas nongkrong. Biasanya sih mahasiswa kupu-kupu bagus di bidang mata kuliahan, tapi kurang di bagian organisasi atau sosial.

Lain ceritanya kalau jadi mahasiswa kura-kura, setiap hari selalu saja sibuk. Sibuk ngurusin masalah kampus, jadi panitia di acara ini itu, cari sponsor atau donatur, pokoknya banyak jadwal.

Tipe mahasiswa seperti ini sangat produktif dan kreatif karena menuntut banyak multi tasking dan skill yang mumpuni dalam me-manage waktu.

Dan uniknya, mahasiswa kura-kura biasanya memiliki nilai nggak kalah sama yang kupu - kupu lho!

Yang terakhir adalah mahasiswa kunang-kunang alias suka nongkrong dan ngumpul bareng teman. Kegiatannya nggak jauh dari main games, nyanyi-nyanyi, ngobrol ngalor ngidul, atau bahkan jalan-jalan ke mall dan nongkrong di cafe.

Mahasiswa kunang-kunang pada umumnya memiliki tingkat produktivitas yang kurang tetapi biasanya memiliki kreativitas yang tinggi. Kreativitas yang tinggi ini muncul akibat seringnya berinteraksi dengan orang lain.

Tipe apapun mahasiswa yang kamu jalani, aku rasa tidak menjadi masalah. Hal yang terpenting adalah memiliki prestasi yang optimal baik di bidang akademik maupun non-akademik, atau sering dikatakan sebagai sebuah kesuksesan studi.

Biasanya kesuksesan dalam studi muncul dengan diiringi oleh produktivitas dan kreativitas yang baik pula.



Oleh sebab itu, pastikan produktivitas dan kreativitasmu tetap tinggi saat jam ngampus berlangsung. Kalau sudah selesai ngampus, ya terserah kamu. Apakah tetap ingin produktif dan kreatif, atau ingin mengistirahatkan badan terlebih dahulu.

Kembali ke permasalahan utama. Karena kesuksesan studi sangat bergantung pada produktivitas dan kreativitas yang tinggi, maka untuk mencapai hal tersebut kaum mahasiswa perlu sebuah notebook yang mendukung semua kegiatannya mulai dari aktivitas harian di kampus, kegiatan organisasi dan UKM, sampai aktivitas refreshing dan ngumpul bareng teman.

Pada kesempatan kali ini, aku akan memberikan beberapa kategori notebook yang pas bagi kamu khususnya seorang mahasiswa. Apa saja sih hal yang harus diperhatikan? Mari disimak yuk!

Desain dan Tampilannya Kece

Interaksi dengan teman–teman dan dosen merupakan hal yang tidak bisa dihindari saat ngampus, Apalagi kalau lagi ngincer gebetan, pasti tiap hari modus dan pengennya deket-deket terus kan? Ngaku aja deh, hehehe.

Nah, notebook juga bisa menjadi salah satu cara untuk menunjang penampilan dan style kamu. Pastikan kamu memilih notebook dengan desain yang ciamik.

Dengan demikian, kamu tidak akan malu membawa notebook itu kemana–mana, baik dalam aktivitas ngampus maupun sekedar nongkrong bareng teman-teman.

Selain itu, desain notebook yang kece akan mencerminkan kepribadian kamu yang tidak kalah kece sama notebook-nya. 

Spesifikasi Jeroan Cukup Mumpuni

Karena kehidupan kuliah menuntut target dan deadline dalam setiap aspek, maka kamu membutuhkan notebook dengan jeroan yang tangguh dan mumpuni.

Jangan sampai progress-mu baru setengah jalan, eh performa notebook-nya udah menurun atau ngelag. Yang ada deadline tugas bisa ngaret. Kan nggak banget ya!

Oleh karena itu, wajib sekali bagi kamu untuk meneliti terlebih dahulu jeroan dari notebook tersebut. Jeroan yang dimaksud di sini meliputi jenis processor, RAM, internal memory, dan jangan lupa graphic card-nya

Ke-empat elemen dasar tersebut adalah penentu dari performa dan kinerja sebuah notebook. Semakin baik, maka dijamin aktivitas multi tasking dan kehidupan perkuliahan kamu akan lanjay alias lancar jaya.

Dan yang terpenting, tidak akan ada kata ngaret dalam kamusmu. 

Bobot Enteng dan Dimensi Pas

Mungkin hal ini tidak menjadi masalah kalau kamu membeli notebook sekedar untuk penggunaan di rumah.

Akan tetapi, berat dan dimensi notebook akan menjadi masalah serius jika kamu menggunakannya sebagai penunjang kegiatan di luar rumah seperti di kampus.

Pastikan notebook yang akan kamu pilih memiliki dimensi yang sedang-sedang saja, tidak terlalu besar tapi tidak terlalu kecil juga.

Jika terlalu besar, maka notebook akan sulit dimasukkan ke dalam tas. Akan tetapi, jika terlalu kecil maka tidak akan nyaman untuk dilihatnya.

Selain dimensi, jangan lupa perhatikan masalah bobotnya karena notebook yang terlalu berat akan membuatmu tidak nyaman saat membawanya. Kalau kamu pakai tas punggung, bisa-bisa punggungmu bakalan jadi korban. Tidak baik untuk kesehatan, kan? 

Baterainya Kudu Jumbo

Selain spesifikasi processor dan kawan-kawannya, baterai juga merupakan salah satu elemen yang harus diperhatikan sebelum membeli sebuah notebook.

Kapasitas baterai yang besar akan memudahkan aktivitas kuliah sehingga tidak perlu repot untuk mencharge notebook berkali-kali.

Carilah notebook yang mampu bertahan lebih dari 7 jam penggunaan karena umumnya aktivitas perkuliahan berlangsung selama itu, atau bahkan bisa saja lebih.

Dengan demikian, kamu tidak perlu repot membawa charger di tas kamu. Cukup charge sampai full di malam hari, dan kamu bisa menggunakannya sepanjang hari. 

Keyboard Nyaman Dengan Akurasi Pengetikan Tinggi

Keyboard pada notebook akan menentukan sensasi mengetik yang dialami penggunanya. Sensasi mengetik yang dihasilkan harus senyaman mungkin tetapi memiliki kesan tersendiri sehingga jemari tidak mudah letih saat harus mengetik ratusan atau bahkan ribuan kata.

Untuk mengoptimalkan pengalaman mengetik, lebih baik terdapat jarak antar tuts keyboard. Jarak antar tuts ini berfungsi untuk meningkatkan akurasi saat pengetikan sehingga kamu tidak salah memencet tuts yang diinginkan.

Dengan demikian, mengetik semakin optimal dan hemat waktu. 

Suara Bising Rendah

Sumber suara bising pada notebook biasanya berasal dari kipas pendingin.

Jangan salah, penggunaan notebook dengan tingkat kebisingan yang tinggi akan mengganggumu atau orang lain khususnya ketika sedang belajar atau mengerjakan tugas di perpustakaan.

Siapa tahu di samping kamu ada yang lagi belajar untuk ujian kalkulus, sudah pelajarannya susah setengah mati ditambah lagi terganggu akibat suara bising notebookmu. Kasihan, lengkap sudah penderitaannya :( 

Pastikan Resolusi Layar Cukup Besar

Resolusi yang besar membuat layar notebook semakin smooth dan nyaman dipandang. Aktivitas mahasiswa yang sering melakukan presentasi membuat resolusi menjadi hal yang perlu dipertimbangkan.

Sebenarnya setiap notebook memiliki 2 jenis resolusi, yaitu resolusi biasa dan resolusi saat dihubungkan ke projector.

Resolusi biasa adalah resolusi yang ditampilkan saat penggunaan tanpa projector, umumnya berukuran 800×600, 1024×768, atau 1366×768 pixels.

Sedangkan jika notebook dihubungkan ke projector maka resolusi biasa akan berubah menjadi resolusi projector. Biasanya resolusi projector jauh lebih besar dibandingkan resolusi biasa, tetapi keduanya berbanding lurus. Semakin besar resolusi biasa maka resolusi projectornya pun akan semakin besar.

Bayangkan kalau kamu sedang berada di tengah sidang kelulusan ditemani sebuah notebook yang memiliki resolusi rendah. Bisa gawat, karena akan menghasilkan gambar yang pecah dan tidak smooth saat dihubungkan ke projector atau LCD.

Akibatnya, audience akan merasa terganggu saat menyaksikan presentasi kamu. Akan ada banyak pertanyaan yang dilontarkan oleh penguji padahal jawabannya sudah ada di slide-mu. Bukan salah penguji lho!

Notebook yang menawarkan resolusi layar lebih dari 1024 × 768 pixels dapat menjadi pilihan yang tepat buat kamu seorang mahasiswa karena akan menghasilkan gambar yang smooth jika dihubungkan ke projector. Dijamin kegiatan presentasi dan sidang kelulusanmu semakin oke!  

Konektivitas dengan USB Port 3.0 Atau Lebih

Mobilitas yang tinggi merupakan salah satu ciri dari seorang mahasiswa. Hal tersebut menjadikan setiap detik yang bergulir sangatlah berharga karena tidak pernah kembali lagi.

Oleh karena itu, jangan pernah menyia-nyiakan waktumu walau satu detik pun untuk hal yang tidak berguna.

Bicara mengenai waktu, notebook pun memiliki kecepatan transfer data yang berbeda-beda tergantung Port USB-nya. Umumnya, notebook yang beredar di pasaran memiliki 3 jenis USB Port, ada yang USB Port 2.0, USB Port 3.0, dan yang terbaru adalah USB Port 3.1 Type C.

Jenis USB Port yang tertanam pada notebook menentukan kecepatan transfer data dari notebook ke penyimpanan eksternal seperti flashdisk dll, maupun sebaliknya.

Notebook yang baik hendaknya sudah menggunakan USB Port 3.0 atau yang lebih muda sehingga mempercepat proses transfer data.

Tak tanggung-tanggung, USB 3.1 mampu mentransfer data hingga 1,25 GB/s. Hal ini 2-3 kali lebih cepat dibandingkan USB 3.0 dan 11 kali lebih cepat dibandingkan USB 2.0.

Sedangkan untuk USB 3.0 mampu mentransfer data dengan kecepatan 400-625 MB/s, atau 6-10 kali lebih cepat dibandingkan USB 2.0!

Perbedaan kecepatan transfer yang sangat jauh ini disebabkan karena USB 3.0 ke atas sudah menerapkan teknologi transfer data dua arah (full duplex) sehingga dapat membaca dan menulis data secara bersamaan (simultan). Sebuah teknologi yang belum ada pada USB 2.0.

Dengan kecepatan yang demikian, kamu tidak perlu khawatir lagi jika ingin mentransfer data berukuran ratusan bahkan ribuan Megabyte karena dengan port USB 3.0 atau 3.1 akan sangat mempercepat waktu transfernya.

Harganya Pas di Kantong Mahasiswa

Setelah semua kriteria sudah diungkapkan pada bagian sebelumnya, masih ada satu lagi kriteria yang terbilang cukup penting untuk dipertimbangkan. Yup, masalah harganya! 

Perlu ditekankan juga bahwa kebutuhan mahasiswa tidak hanya sebatas notebook, masih banyak yang lainnya. Contohnya adalah biaya untuk nge-print tugas, fotocopy, bisa juga untuk ngejilid laporan atau makalah.

Selain itu, biaya kuliah juga akan bertambah jika mahasiswa tersebut berasal dari luar kota. Biaya untuk sewa kost-kostan dan makan sehari-hari pastinya masuk ke daftar pertimbangan bagi mahasiswa rantauan.

Oleh karena itu, lebih baik memilih notebook yang harganya sedang-sedang saja, tidak terlalu mahal dan juga tidak terlalu murah. Bahkan kalau bisa, pilihlah notebook yang memenuhi semua kriteria di atas tetapi dijual dengan harga yang relatif miring.

Harganya boleh murah, asalkan spesifikasinya jangan murahan. Kalau kamu sudah berpenghasilan sendiri, ya beda lagi ceritanya hehehe.

 

ASUS Eeebook E202, Notebook Penunjang Produktivitas dan Kreativitas

Pada bagian sebelumnya, telah disampaikan beberapa kriteria notebook yang cocok bagi kamu yang berprofesi sebagai mahasiswa.

Nah, pada bagian ini aku akan memberikan rekomendasi langsung kepada kamu khususnya mahasiswa mengenai notebook apa sih yang pas untuk menunjang produktivitas dan kreativitasmu saat ngampus.

ASUS, produsen notebook, laptop, PC, smartphone, dan berbagai produk lainnya, yang selalu menghadirkan inovasi dalam setiap karyanya kembali menghadirkan sebuah notebook yang menjawab seluruh permasalahan mahasiswa.

Kali ini ASUS hadir dengan salah satu produknya yaitu ASUS Eeebook E202 dengan desain yang ramping, ringan, dan tentunya tangguh menghadapi berbagai kegiatan mahasiswa.

Lantas apa sajakah kelebihan dari notebook mungil yang satu ini? Mari simak ulasannya :) 

Dimensi Ramping, Bobot Semakin Enteng

 

Ini merupakan salah satu kelebihan yang paling menonjol dari produk ini.

Desain ASUS Eeebook E202 sengaja disesuaikan dengan karakter mahasiswa yang fleksibel dan memiliki mobilitas tinggi. Benar saja, hal ini terlihat dari dimensinya yang hanya berukuran 193 × 297 mm dan fantastisnya ukuran tersebut tidak lebih besar dibandingkan secarik kertas A4!

 
Dengan demikian, ASUS Eeebook E202 dapat dengan mudah dimasukkan ke tas semudah kamu memasukkan sebuah buku seukuran kertas A4!

Dimensinya yang ramping tentu sangat berpengaruh terhadap bobot yang dimiliki. Kerennya, ASUS Eeebook E202 hanya memiliki bobot sebesar 1,21 kg. Sebuah bobot yang sangat ringan!

Dengan bobot yang super ringan tersebut menjadikan ASUS Eeebook E202 mudah untuk dibawa menemani aktivitas harianmu di kampus tercinta :) 

Desain Minimalis, Varian Warna Banyak


Hadir dengan desainnya yang simpel dan clean membuat ASUS Eeebook E202 tampil lebih elegan dan terkesan minimalis.

Tak lupa pula bahwa ASUS Eeebook E202 yang hadir dalam OS Windows 10 dan DOS ini menawarkan empat varian warna yang bisa dipilih sesukamu, mulai dari Silk White yang bersih, Dark Blue yang cool abis, Red Rouge yang ceria, hingga Lightning Blue yang cerah banget.


Kalau aku sih sukanya yang Silk White soalnya clean banget dan terkesan rapi, hehehe. Kalau kamu suka yang mana?

Silk White Kesukaanku
Oh iya, warna yang ditawarkan di sini juga memiliki tekstur gradasi lho. Bagian pinggir dengan warna yang sedikit lebih terang dan berangsur-angsur semakin gelap pada bagian tengah.

Tak lupa sebuah logo ASUS berwarna silver yang terpampang di tengah menambah aksen mewah. Keren abis! Penampilan akan semakin kece dengan ASUS Eeebook E202 yang terpampang nyata di hadapanmu. 

Jeroan Mumpuni, Performa Tangguh

Bicara mengenai performa sebuah notebook, pasti hal pertama yang terlintas di fikiran kita adalah spesifikasi “jeroan”.

Seperti yang sudah dijelaskan pada bagian sebelumnya bahwa spesifikasi jeroan akan menentukan performa yang dihasilkan. 

Untuk ASUS Eeebook E202 sendiri telah dipersenjatai dengan processor Intel Celeron N3050 Dual – Core 2,16 GHz. Processor Intel keluaran terbaru tersebut terbukti mampu mengirit keluaran daya sehingga notebook ini lebih hemat baterai.

Tak lupa kinerja processor tersebut disokong dengan kehadiran RAM 2 GB DDR3L 1600 MHz.

Ditinjau dari sektor Graphic Card, ASUS Eeebook E202 menggunakan Integrated Intel HD Graphic yaitu Graphic Card hibrid antara Pentium dan Celeron.

Adapun HDD yang dibenamkan memiliki kapasitas yang besar. Tak tanggung – tanggung, HDD lega berkapasitas 500 GB siap menampung semua tugas, file – file penunjang kuliah, foto serta video pribadimu, atau koleksi musik dan film kesukaan kamu.

Tidak berhenti sampai di situ, sistem operasi yang digunakan merupakan sistem operasi versi terbaru dari Windows yaitu Windows 10 dan DOS yang menyajikan dukungan secara penuh terhadap semua hardware sehingga menghasilkan kinerja yang lebih maksimal.

 
Dengan spesifikasi yang demikian mumpuni tentunya sudah lebih dari cukup untuk menemani kamu menjalankan aktivitas perkuliahan dan multi tasking harian. Notebook ini memang pas untuk kaum mahasiswa. Produktivitas dan kreativitas-mu semakin optimal deh! 

Baterai Jumbo, Nggak Usah Bawa Charger

Pada bagian sebelumnya telah disinggung bahwa salah satu ciri notebook yang tepat untuk mahasiswa adalah yang mampu bertahan selama lebih dari 7 jam, karena aktivitas kampus biasanya berlangsung 7 hingga 8 jam.

Tidak perlu khawatir, baterai yang dibenamkan pada ASUS Eeebook E202 ini berjenis 3Cells 48 Whrs Polymer Battery yang mampu bertahan hingga lebih dari 8 jam penggunaan dan lebih awet 3 jam pada standby mode dibandingkan notebook sejenis lainnya.

 

Oh iya, penggunaan processor Intel keluaran terbaru yang lebih irit daya juga menambah nilai plus pada baterai Eeebook E202. Baterai dan waktu penggunaan jadi semakin awet dan tahan lama.

Tidak perlu risau rebutan colokan listrik sama temen, bahkan yang lebih mengagumkan adalah tidak perlu lagi membawa charger ke kampus. Cukup charge sampai full di malam hari, keesokannya mampu digunakan sepanjang hari. Tas semakin enteng dan hidup pun semakin damai hehehe.

Konektivitas Lengkap dan Cepat

Sektor konektivitas pada ASUS Eeebook E202 sudah dilengkapi dengan USB 3.1 Type C, HDMI micro port, MicroSD reader, dan Bluetooth 4.0.


USB 3.1 Type C yang dibenamkan pada ASUS Eeebook E202 merupakan port USB yang dapat dicolok dengan berbagai arah (anti terbalik) dengan colokan yang bersifat reversible.

Menariknya, bentuk bagian atas dan bawah port USB 3.1 Type C ini simetris sehingga memudahkan kamu untuk mencolok USB tanpa takut terbalik.

Sudah dijelaskan pada sesi sebelumnya bahwa USB 3.1 Type C memiliki kecepatan transfer yang tinggi (up to 1,25 GB/s), atau dengan kata lain 2-3 kali lebih cepat dibandingkan USB 3.0 (400-625 MB/s) dan 11 kali lebih cepat dibandingkan USB 2.0 (70-120 MB/s). Benar-benar mengagumkan!

Kecepatan yang super ngebut tersebut menjadikan kegiatan transfer file kamu lebih efisien waktu :)

Touchpad Lega dan Responsive Seperti Smartphone

Salah satu yang sering dikeluhkan dari notebook yang beredar di pasaran adalah mengenai touchpadnya yang kurang responsive. Aku pernah mengalami hal ini, dan rasanya sangat menyebalkan. Bahkan untuk sekedar menggerakkan dan mengarahkan kursor saja akan mengalami kesulitan yang luar biasa.

Untuk mengatasi hal ini, biasanya dapat diantisipasi dengan penggunaan mouse. Tetapi penggunaan mouse juga sama ribetnya, karena kita harus selalu membawa mouse kemana pun kita pergi.

Tak perlu khawatir lagi, ASUS Eeebook E202 hadir dengan touchpad yang sangat responsive. Saking responsive-nya, menggerakkan kursor notebook sudah selayaknya menyentuh sebuah layar smartphone masa kini. Ukurannya pun lebih lega 36% dibandingkan notebook lain berukuran 11,6 inchi.

 

Tak lupa juga teknologi ASUS Smart Gesture ikut disematkan, menawarkan touchpad yang lebih intuitive dan lebih banyak kegunaan selayaknya gestur pada layar sentuh. ASUS Smart Gesture memiliki empat kegunaan utama, yaitu untuk zoom in / out, drag, page scrolling, dan execute cortana. 

Nyaman Mengetik dengan Keyboard Proporsional

Untuk kamu yang lebih suka membuat tugas dengan mengetik sendiri dibandingkan copy paste punya teman, ASUS melalui produk seri Eeebook E202 kembali menghadirkan notebook dengan keyboard yang nyaman digunakan.

Keyboard ASUS Eeebook E202 didesain jenis one piece chiclet membuat mengetik menjadi lebih nyaman dan kokoh. Jarak antar tuts keyboard sebesar 1,66 mm membuat tampilannya lebih proporsional dan membuat akurasi pengetikan meningkat tajam.

Peningkatan akurasi pengetikan ini disebabkan karena pengguna akan lebih mudah untuk memencet tuts yang diinginkan sehingga kasus salah pencet pun bisa dihindari.



Untuk daya tahannya, berdasarkan hasil pengujian tak tanggung-tanggung bahwa keyboard ini ternyata mampu bertahan hingga 10 juta kali pengetikan. Awet sekali bukan? 

Teknologi Anti Bising: Fanless Design

Suka belajar di perpustakaan? Mau bawa notebook tapi takut membuat orang lain kebisingan?

Tak perlu khawatir untuk membawa ASUS Eeebook E202 ke perpustakaan, karena notebook ini mengadopsi fanless design dan menjadikannya sebagai sebuah notebook yang noise free.

 

Fanless design sendiri merupakan sebuah fitur yang berfungsi meminimalkan suara bising yang ditimbulkan akibat kipas pendingin.

Selain itu, tak menjadi masalah mendiamkan laptop ini semalaman untuk mendownload file yang besar, tidurmu tidak akan terganggu karena suara bising yang dihasilkan amatlah rendah. 

Jaringan Wi-Fi 802.11ac

Salah satu masalah yang kerap timbul saat menjelajah internet dengan sambungan Wi-Fi adalah LEMOT. Teknologi Wi-Fi yang terbenam pada notebook bisa menjadi salah satu penyebab lemotnya koneksi internet kita.

Namun hal ini nampaknya tidak berlaku lagi untuk ASUS Eeebook E202. Dengan kehadiran teknologi Wi-Fi terbaru 802.11ac akan membawa kamu berselancar di internet dengan kecepatan hingga 433 MB/s, atau hampir 3× lebih cepat dibandingkan generasi pendahulunya yaitu versi 802.11n.


Tidak perlu mengeluhkan lagi koneksi internet Wi-Fimu yang dulunya lemot tak bertenaga. Kini mencari referensi materi kuliah di internet semakin menghemat waktu dan tenaga. 

Vivid Colours dengan ASUS Splendid Technology

Keberadaan ASUS Splendid Technology dan skema Vivid Colors pada Eeebook E202 menghasilkan proyeksi gambar dengan kualitas yang baik. Tidak hanya itu, akurasi warna yang dihasilkan juga lebih tajam dipandang mata berkat kehadiran dua fitur dan teknologi tersebut.

Di samping itu, skema warna yang ditampilkan juga dapat disesuaikan dengan kebutuhanmu seperti mode normal, eye care, vivid, dan manual mode.

 
Nikmati sensasi luar biasa dalam melihat kembali foto masa lalu yang penuh kenangan, atau sekedar menonton film kesayangan-mu. Aktivitas multimedia jadi semakin nyata! 

Karakter Audio Yang Deep dan Clean

Sektor audio juga menjadi bahan pertimbangan ASUS dalam meluncurkan produknya yang satu ini. Hardware pengeras suara pada Eeebook E202 merupakan dual speaker dengan posisi menghadap langsung ke kamu demi memberikan pengalaman mendengar yang lebih jernih dan jelas.

 

ASUS SonicMaster Technology yang dikolaborasikan dengan ASUS Golden Ear Team akan menciptakan audio yang lebih akurat dan presisi.

Tidak seperti notebook pada umumnya, kualitas audio yang dihasilkan oleh ASUS Eeebook E202 tetap deep dan clean meskipun volumenya dikeraskan lho! Pengguna akan sangat dimanjakan dengan kualitas audio yang satu ini. 

ASUS WebStorage, Akses File-mu Kapanpun dan Dimanapun

 
ASUS menyediakan fitur web storage bagi produknya, yang mana dengan fitur ini memungkinkan untuk menyimpan file secara online dan dapat diakses dengan mudah, kapanpun dan dimanapun.

Sinkronisasi menyeluruh ini membuat setiap file tugas, presentasi, bahkan foto-foto dan video kenangan bersama teman-teman kampus dapat dibackup dan diakses di semua gadget ASUS milikmu.

Kapasitas yang disediakan terbilang cukup besar, ASUS WebStorage hadir dengan kapasitas penyimpanan sebesar 16 GB secara cuma-cuma selama satu tahun penuh.

Kupas Tuntas Spesifikasi 

Yup, di bawah ini adalah spesifikasi utuh dari notebook ASUS Eeebook E202 (klik untuk memperbesar).

 

Harga Yang Ditawarkan

Setelah mengupas tuntas mengenai spesifikasi dan berbagai kelebihan dari ASUS Eeebook E202 ini, pasti sekarang kamu bertanya-tanya berapa sih harga yang ditawarkan.

Kamu dapat membawa pulang ASUS Eeebook E202 dengan merogoh kocek mulai dari Rp. 3.099.000.

Jika melirik spesifikasi dan desain produk yang ditawarkan, aku rasa harga ini tergolong miring untuk kantong mahasiswa. 

Kesimpulan…

Pada bagian awal postingan. sudah aku jelaskan beberapa kriteria notebook yang pas buat kebutuhan seorang mahasiswa. Masih inget nggak? Atau jangan-jangan sudah pada lupa ya?:D

Setelah semua kriteria tersebut dibandingkan dengan spesifikasi dan karakteristik ASUS Eeebook E202, ternyata secara keseluruhan notebook ini pas banget untuk kebutuhan mahasiswa lho!

Nggak percaya? Lihat sendiri perbandingannya di bawah ini ya, klik untuk memperbesar :)


Bagaimana? Kamu tertarik nggak untuk memboyong ASUS Eeebook E202 ke kampusmu?

Kalau aku sih yes, kalau ada rejekinya :D

Terima kasih telah membaca postingan saya kali ini. Jika ada komentar atau hal yang ingin disampaikan, silahkan corat – coret di kolom komentar. Happy Blogging :)

Blog Competition ASUS E202 by uniekkaswarganti.com

Suka dengan artikel di blog ini? Silakan berlangganan gratis via email

36 Responses to "9 Kriteria Notebook Yang Pas Buat Mahasiswa"

  1. Waaah selamat ya sudah lolos snmptn. Dan semoga bisa dapat notebook barunya supaya man n semangat kuliah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak, terima kasih. Aamiin, semoga kuliah nanti makin semangat hehehe

      Delete
  2. Pas banget untuk kebutuhan mahasiswa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Begitulah, mangkanya saya kepingin satu :)

      Delete
  3. harga sama specnya pas lah gan buat kantong mahasiswa hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kang, memang ASUS Eeebook E202 ini ngerti banget kebutuhan mahasiswa, dimulai dari spesifikasi secara keseluruhan sampai harga yang ditawarkan :)

      Delete
  4. Di lihat dari spesifikasi, design dan harga, sangat cocok dengan kebutuhan mahasiswa sekarang.

    ReplyDelete
  5. Pas banget sama kantong mahasiswa harga notebook Asus ini ya mas... Grafisnya menarik dan bagus, sukses ya

    ReplyDelete
  6. Emang keren nih notebooknya gan, cocok buat kita para blogger dan desainer

    ReplyDelete
  7. thans bisa jadi referensi untuk beli laptop gan. maklum baru kuliah maka perlu laptop

    ReplyDelete
  8. WOW! keren.. kalau aku cerita gagal SNMPTN, ini cerita suksesnya. hahaha. keren bro..

    gaya penulisan ini udah keren kok.. setiap angle nya pas.. dan soft selling ...

    selamat datang di dunia mahasiswa bro.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah ada mastah mampir ke gubuk. Sungkem dulu suhu :)

      Makasih pujiannya atuh kang, tapi saya juga masih perlu banyak belajar kang.

      Iya nih kating, saya adek tingkat hehehe :)

      Delete
  9. Terima kasih sudah ikutan #E202BlogCompetition. Good luck yaaa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah yang empunya lomba mampir nih. Hatur nuhun pisan ya teh sudah mampir.

      Semangat ya teh menilai karyanya! 292 tulisan lho! Hmmm banyak ya :)

      Delete
  10. laptop yang keren buat jiwa dinamis nih.

    ReplyDelete
  11. memang betul spesifikasinya harus yg mumpuni, karna para mahasiswa akan di suruh untuk mendownload aplikasi khusus untuk materi pembelajarannya...

    Sama batrainya harus jumbo, supaya gak abis tengah jalan, kan sakit ati kita :V Desain notebooknya juga harus keren, supaya bisa pamer :V

    Btw, thanks infonya min

    ReplyDelete
    Replies
    1. Well, kayaknya si akang sudah pengalaman jadi mahasiswa ya? Ngerti banget kebutuhan mahasiswa soalnya hehehe

      Delete
  12. Selamat yusuf Noer!Sesudah jadi mahasiswa di IPB, tentu butuh banget asus E202 yang ringan untuk dibawa ke kampus. Salam kenal! Salam Silaturahmi! Bila berkenan Folback aku yaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kang, kebutuhan akan notebook yang tangguh dan compact sudah menjadi kebutuhan mahasiswa zaman sekarang hehehe :)

      Delete
  13. Asus E202 memang simpel dan elegan Mas.. Cocok banget buat diajak jalan-jalan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada mastah+saingan berat mampir ke gubuk ane wkwkwk

      Bener banget kang, mangkanya saya kepingin satu hehehe.

      Sudah spesifikasinya tangguh ditambah lagi desainnya yang ramping dan elegan. Hmmm, jadi makin kepingin :)

      Delete
  14. Jadi mahasiswa yang kreatif ya dek. Semoga kita kebagian 1 nih hehe

    ReplyDelete
  15. Selamat ya sudah dapetin laptop Asus ini, memang sangat layak keluar sebagai juara

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah kang, terima kasih banyak. Ente kan juga dapet notebook ini, selamat bro 😂

      Delete
  16. ASUS kalo ane bilang sih rajanya laptop kecil. Performanya kece badai, warnanya unch unch, cocok buat mahasiswa yg mobilitasnya tinggi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yoi bro, jangankan laptop kecil. Laptop gaming aja ASUS bagus kok

      Delete
  17. Wuahh selamat menang lombanya dan selamat masuk kampus ipb tercinta. Tekpang pula..jadi inget dulu gebetan..haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdullilah terima kasih banyak kak :)

      Wah gebetannya anak ITP IPB? Siapa dan angkatan berapa kak? Hehehe

      Delete
  18. Halo Yusuf, salam kenal, selamat buat notebook barunya. SUkses yaa di bangku kuliah, moga bisa jadi ahli pangan yang memberikan manfaat bagi masyarakat, aamiin..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo kak, Alhamdulillah makasih kak. Selamat juga ya kak dapet satu.

      Aamiin kak, makasih doanya kak :)

      Delete
  19. selamat ka atas notebook barunya, haha, kita satu angkatan, tapi beda univ., alhamdulillah kita bisa pakai notebook baru buat kuliah besok...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Widih, satu angkatan sob? Mantap jiwa lah, sukses bro kuliahnya

      Delete
  20. desain grafismu keren dek. Jangan lupa berkunjung balik ke blog aku ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah terima kasih banyak mbak pujiannya, kuy meluncur ah hehehe

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung di website ini.

Jika berkenan, mohon berkomentar yang RELEVAN dengan bahasa yang santun.

Semua komentar selalu saya baca meskipun tidak semuanya dibalas. Harap maklum :)

Contact Form

Name

Email *

Message *