7 Tips Sukses Ujian Sekolah, Katakan TIDAK Pada Remed!

Ilustrasi Sukses Ujian Sekolah



Tak bisa dipungkiri bahwa masa sekolah identik dengan KBM dan ujian. Seperti di kehidupan nyata, ujian pada bangku sekolah hadir silih berganti tanpa mengenal lelah. Yup, baru kelar ujian ini udah ada lagi ujian yang lainnya. Fiuuhh, melelahkan ya?

Tenang sob, I know that feel. In fact bahwa nggak kamu aja kok yang ngalamin masa – masa berat menghadapi berbagai ujian. Saya yakin semua pelajar yang ada di dunia ini pasti pernah ngalamin perasaan yang campur aduk antara gelisah, bingung, pusing, dan berbagai jenis perasaan lainnya yang sulit diungkapkan.

Kali ini Asymmetrical Life akan berusaha mengurangi beban perasaan kamu dengan memberikan tips jitu yang tentunya ampuh dan anti mainstream. Tak tanggung – tanggung, tulisan ini dibuat dengan sudut pandang anak kuliahan yang bebannya so pasti jauh lebih berat (baca: SMAKBo). Tunggu apa lagi guys, kuy ah disimak ya :)

Tips Sukses Ujian Ala Anak SMAKBo

Cicil Materi Dari Jauh – Jauh Hari

Besok kamu mau UAS Kimia Organik yang bejibun dengan hafalan tata nama dan reaksi? Apalagi ditemenin sama UAS PKn yang diberkahi dengan pasal – pasal dan hafalan yang ngejelimet? Mati aja kalo gitu mah hehehe

Nggak kok sob. Percaya deh bahwa di balik kesulitan ada kesulitan lainnya, eh maksudnya kemudahan lainnya. Jadi kamu optimis aja bahwa jika salah satunya adalah pelajaran susah, maka satunya lagi pasti pelajaran mudah gan.

Untuk mensiasati UAS yang penuh hafalan, maka solusi utamanya adalah dengan mencicil materi ujian dari jauh – jauh hari. Gunakan waktu luang kamu untuk mengulas kembali pelajaran yang pernah diajarkan. Kalau sempat, kerjakan lagi latihan soal yang diberikan oleh gurumu. Hindari betul sistem belajar yang SKS (Sistem Kebut Semalam). Yang ada kamu bakalan pusing tujuh keliling bro! Hehehe.

Dengan menerapkan sistem cicil materi yang sistematis, maka dijamin pas malem menjelang hari H-nya kamu bakalan santai dan rileks karena materinya udah diserap semua. Iya kan? 

Jangan Panik, Tetap Optimis

Mental adalah salah satu yang perlu disiapkan ketika kamu akan pergi berperang (baca: ujian). Bisa jadi materi yang sudah disiapkan dengan baik malah buyar berantakan gara – gara kamu mencemaskan hal yang sebetulnya maya (baca: nggak nyata). Takut inilah, takut itulah, takut remed-lah, bahkan takut diputusin gebetan (masa iya sih?). Inget sob, nggak ada gunanya mencemaskan hal yang belum terjadi. Optimislah! Asal jangan kelebihan yaaa, karena ada sehelai benang tipis diantara optimis dan sombong lho. 

Stay Tune: Pantengin Terus Grup Line atau WhatsApp

Ini adalah salah satu tips gokil yang saya berikan hanya kepada kamu – kamu pembaca setia blog ini. Terkadang ada temen – temen yang rajinnya kelewatan (sebut saja Dinda, Rahay, eks. anak – anak WK) membagikan rangkuman secara CUMA – CUMA. Udah mah lengkap, tulisannya enak dipandang (kayak orangnya sih wkwk). Selain itu, kamu juga bakalan dapet info – info unik, seperti contoh soal UAS punya kakak kelas. Kan lumayan buat latihan, siapa tahu soalnya sama. Hehehe. 

Istirahat Yang Cukup, Jangan Begadang!

Kebanyakan pelajar yang besok mau ujian pasti begadang mati – matian. Seduh kopi pahit lah, katanya sih biar melek. Tapi kebiasaan ini malah membuat tubuh kamu nggak fit lho! Nanti bukannya ngerjain soal malah ketiduran lagi pas UAS nya. Kan sayang banget tuh :( 

Banyakin Doa dan Sholat Malam

Berdoa adalah bentuk dimana kita merendahkan diri di hadapan – Nya dan memohon pertolongan hanya kepada – Nya karena kita menyadari bahwa kita hanya makhluk yang lemah. Jangan salah guys, kekuatan doa bisa merubah sesuatu yang mustahil menjadi mungkin bagi siapa saja yang mempercayai – Nya. Bahkan saya pun pernah mengalaminya saat mengikuti Lomba Cepat Tepat Kimia UNPAD 2017. Saat itu saya benar – benar memohon kepada Allah agar diberikan yang terbaik dan tidak lupa meminta restu kedua orang tua. Hasilnya? Alhamdulillah, saat itu adalah saat terakhir saya mengenakan seragam sekaligus untuk pertama kalinya meraih Juara I selama saya lomba kimia 4 tahun terakhir ini. 

Prepare Yourself: Jangan Lupa Alat Tulis, Kartu Ujian dan Papan Jalan

Ada baiknya sebelum kamu berangkat, kamu mengecek terlebih dahulu semua “amunisi” yang diperlukan untuk ujian gan, jangan sampai ada yang tertinggal. Kan repot kalau ketinggalan. Kalo yang ketinggalan cuman alat tulis sih bisa pinjem temen, tapi kalo yang ketinggalannya kartu ujian? Kan berabe tuh? Jangan lupa juga untuk menyerut pensil terlebih dahulu agar waktu tidak terbuang secara sia – sia sob. 

Eksekusi: Teori Tetap Teori Tanpa Realisasi

Setelah Asymmetrical Life membagikan tips – tips seharga puluhan juta di atas, hal yang perlu kamu tanamkan pada lubuk hatimu adalah bahwa semua teori akan hanya menjadi omong kosong jika kamu sendiri tidak melaksanakannya. Percuma ngomong sampe berbusa kalo nggak didengerin. Iya kan?
Baiklah, itu tadi 7 Tips Jitu Menghadapi Ujian Ala Anak Kuliahan (baca: SMAKBo). Semoga bermanfaat ya guys. Sukses ujiannya dan jangan remed yaaa! See you next time :)

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "7 Tips Sukses Ujian Sekolah, Katakan TIDAK Pada Remed!"

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung. Jika sempat silahkan tinggalkan jejak. Mohon berkomentar dengan bijak ya :)